Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Apa Saja Gejala Covid19?

Tahun 2020 hingga saat ini memang menjadu tahun yang amat mengkhawatirkan. Bagaimana tidak, tahun 2020 kemarin telah hadir virus jenis baru yang sangat mematikan. Covid19, adalah virus yang mematikan itu. Virus ini diduga berawal dari sebuah pasar di Wuhan, China dan kemudian menyebar hingga seluruh dunia, termasuk Indonesia yang terkena dampaknya.

Pengendalian terhadap virus ini pun terus dilakukan oleh pemerintah dan banyak pihak.

Tapi sayangnya, banyak orang yang masih abai akan hadirnya virus yang sangat mengancam kesehatan ini. Masih banyak orang yang menganggap virus ini tidak ada hingga menyepelekan semua yang dianjurkan pemerintah.

Membuat banyak orang yang kemudian tidak sadar kalau ternyata dirinya sudah terpapar virus tersebut. Mereka yang tidak menyadari gejalanya, bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani. Karena bisa saja berakhir pada kematian mendadak.

Lantas apa saja gejala covid19? Berikut ini kami akan paparkan beberapa gejala covid 19 yang patut Anda waspadai.

Gejala Covid 19 yang Harus Anda Waspadai

Akhir-akhir ini kasus positif covid 18 di Indonesia semakin meningkat. Bahkan kini sudah menembua angka 1 juta kasus postif dengan penambahan seribu sampai 3 ribu penderita setiap harinya. Anda tentu miris melihat kasus ini. Ada beberapa faktor yang membuat kasus positif covid 19 di Indonesia meningkat tajam, di antaranya, tidak taat akan protokol kesehatan, tidak melaksanakan 3M, tidak menghiraukan imbauan pemerintah, dan yang sering kali terjadi karena tidak mengetahui gejala covid itu sendiri yang kemudian berakibat menyebar luaskan virus itu.

Demi menekan angka positif, Anda harus tahu gejala covid 19 itu apa saja. Agar Anda bisa mengantisipasi diri ketika terkena dan langsung melakukan isolasi mandiri agar tidak menyebarkan virus itu lebih luas.

Adapun gejalanya sebagai berikut.

1. Demam

Dari beberapa penelitian, sejak awal covid 19 ini tersebar, gejala covid paling umum dan sering kali dialami oleh para penderita yakni demam tinggi. Gejala ini dialami hingga 98% pasien positif covid. Demam tinggi yang dialami pasien, bisa mencapai 38,5 derajat Celsius.

Jadi, jika Anda atau anggota keluarga Anda mengalami demam tinggi Anda patut waspada. Pada orang yang rentan akan penyakit benar-benar harus memerhatikan gejala yang satu ini. Bahkan, ada saat di mana demam hanya 37,5 derajat celcius, tapi tetap harus Anda waspadai.

2. Batuk Pilek

Gejala kedua yang juga paling umum dialami oleh pasien positif covid 19 yakni batuk dan pilek.

Anda tentu tahu, kalau virus ini memang menyerang bagian paru-paru, jadi tidak heran jika batuk pilek menjadi gejala yang patut di waspadai oleh Anda dan keluarga. Batuk pilek yang dimaksud dalam gejala ini adalah, batuk pilek yang terlampaui sering dalam kurun waktu satu jam. Atau biasanya batuk kering yang terjadi secara terus menerus.

3. Indera Penciuman Berangsur Hilang

Berkurangnya kemampuan indera penciuman dalam mencium aroma-aroma sekitar merupakan salah satu gejala covid 19.

Contoh konkretnya, misal Anda yang biasanya bisa mengenali aroma makanan yang sedang dimasak di dapur, ketika Anda terserang covid 19, Anda akan susah untuk mengenali aromanya. Jika Anda mengalami hal tersebut Anda harus waspada, karena bisa saja Anda sudah terpapar Covid 19.

4. Berkurang Indera Pengecap

Masih bersangkutan dengan hilangnya indera penciuman. Gangguan pernapasan juga bisa dilihat dari indera pengecap.

Jika Anda mengalami kehilangan kemampuan untuk merasakan makanan atau berkurangnya kemampuan lidah untuk mencecap sesuatu, hal ini wajib Anda curigai sebagai tanda bahwa Anda telah terpapar covid 19.

5. Sesak Napas

Gejala selanjutnya yang sudah terlihat fatal yakni sesak napas. Pada kasus yang serius, penderita akan mengalami pneumonia, paru-paru penuh nanah dan cairan. Hal ini lah yang membuat pasien yang terkena covid 19 mengalami sesak napas dan batuk yang menyakitkan.

Demikian ulasan mengenai apa saja gejala covid19. Semoga bermanfaat!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x