Logo

Artikel

Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Berwawasan global dan berkarakter Islami

Gantungan Kunci "Tanaman Hidup" dan Media Tanam Hidrogel; Alternatif sumber penghasilan bagi Guru TKIT Al Misbah

Istilah gantungan kunci bukanlah hal asing bagi kita. Namun lain dengan gantungan kunci yang satu ini. Gantungan kunci yang berisi tanaman hidup menjadi hal baru bagi guru TKIT Al Misbah.

Pelatihan yang dilakukan oleh tim PKM Universitas KH Wahab Hasbullah pekan lalu,  berhasil membuat para guru antusias mengikuti pelatihan ini.

"Gantungan kunci ini berisi rumput,  tanah kompos, batuan zeolit dan juga pasir pantai sebagai hiasan", jelas Umi Kulsum Nur Qomariah, selaku instruktur pembuatan gantungan kunci.

Alat dan bahan yang digunakan cukup mudah ditemukan, seperti tanah kompos dan pasir pantai bisa dibeli di toko aquarium atau toko bunga. "Rumput bisa ditemukan di sekitar rumah,  kalau bisa berukuran mini karena botol yang kita gunakan berukuran mini" Sambung dosen prodi agroekoteknologi ini.

Pembuatan gantungan kunci ini cukup mudah, tinggal memasukkan bahan menggunakan pinset. "Agar tanaman tetap mendapatkan sirkulasi udara tidak layu, tutup gantungan kunci menggunakan kayu randu, jadi udara bisa masuk ke dalam botol", tutur dosen asal Kediri ini. Gantungan kunci ini bisa dijual karena tampilannya yang menarik dan masih jarang ditemukan.

Selain gantungan kunci,  TIM PKM juga mengenalkan dan mengajarkan Media tanam Hidrogel.  Salah satu instruktur Media tanaman hidrogel,  Anggun Wulandari menuturkan tentang kelebihan Media tanam hidrogel, " Tanaman di hidrogel ini tidak perlu disiram karena tanaman yang akan menyerap air pada hidrogel,  kalau pun layu, bisa ditambah pupuk cair agar tanaman tidak kehabisan nutrisi".

Selain warnanya yang menarik,  tanaman ini juga bisa digunakan sebagai souvenir pernikahan.  Alasan tanaman air yang mudah ditanam dan dicari di toko bunga, media ini menjadi salah satu sumber penghasilan yang menjanjikan.

Ucapan terimakasih disampaikan kepada Kemenristekdikti sebagai sponsor dan LPPM Universitas KH. A. wahab Hasbullah yang telah mensupport dalam program ini. Terimakasih juga diucapkan kepada TKIT AL-Mishbah sebagai Mitra Pengabdian Masyarakat./fns



Komentar


blog comments powered by Disqus
    • Statistik Pengunjung
    • Browser :
    • Operating System : Unknown Platform
    • Server process time: 0.0487 secs.