Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Ramadhan Di UNWAHA Jombang, Kuliah Jalan Pahala Aman

Ramadhan merupakan bulan istimewa yang ditunggu umat islam dimana pintu surga dibuka, pintu neraka dikunci, dan dilipatkannya pahala. Dalam hadits yang diriwayatkan  Imam Baihaqi,

نَوْمُ الصَّائِمِ عِبَادَةٌ وَصُمْتُهُ تَسْبِيْحٌ وَعَمَلُهُ مُضَاعَفٌ وَدُعَاؤُهُ مُسْتَجَابٌ وَذَنْبُهُ مَغْفُوْرٌ

Rasulullah SAW bersabda bahwa tidurnya orang puasa adalah ibadah, diamnya adalah tasbih, amal ibadahnya dilipatgandakan, doanya dikabulkan, dan dosanya diampuni. Hadits tersebut hendaknya dimaknai secara komprehensif, yang berarti jika tidur saja ibadah apalagi bekerja dan menuntut ilmu yang merupakan bagian dari ibadah, bukan dipolitisasi untuk membenarkan sikap bermalas-malasan saat menjalankan ibadah puasa.

Bagi civitas akademik UNWAHA, bulan Ramadhan yang tiba saat kalender akademik masih berjalan seperti tahun ini merupakan moment yang tepat untuk meningkatkan pahala dan produktivitas sebagaimana hadits yang diriwayatkan Imam Baihaqi tersebut. Selain itu, kegiatan perkuliahan yang tetap berjalan ditengah-tengah ibadah puasa merupakan usaha dalam mencegah learning loss atau hilangnya pengetahuan dan keterampilan yang disebabkan faktor tertentu.

Meskipun begitu, seperti perguruan tinggi lainnya jam perkuliahan selama bulan Ramadhan di UNWAHA juga berubah. Berikut perubahan jam kuliah di UNWAHA selama bulan Ramadhan 1444 H.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x