Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Youth Leadership Camp Fakultas Ekonomi Unwaha Jombang

Youth Leadership Camp merupakan kegiatan kolaborasi antara Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Unwaha dengan VIBE Center Indonesia yang berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kegiatan ini sebagai bagian dari upaya pemahaman dan peningkatan peran serta mahasiswa dalam pembangunan Indonesia yang didalamnya mengulas juga kilas balik bagaimana Bangsa yang besar ini merangkul pemuda dan terlibat langsung dalam menjawab persoalan dan isu sosial, sehingga mahasiswa semakin memiliki rasa kepedulian pada kemajuan bangsa Indonesia.

Khotim Fadhli, M.Pd, Kaprodi Manajemen Unwaha menyampaikan dalam sambutannya, “mahasiswa harus menjadi motivator dalam mindset perubahan personalitinya untuk menuju kesuksesan, dan harus sadar bahwa kita jangan terlalu mengandalkan pihak luar ‘outsider’. Mahasiswa harus secara autentik mampu mengandalkan diri sendiri untuk bangkit secara lahir dan batin dan menjadi agen perubahan yang justru menjadi andalan pihak luar. Kita nantinya dapat bergerak massive holistic dengan cara berkolaborasi dan bergandengan tangan dengan komunitas maupun institusi lainnya. Sehingga, langkah kebaikan dalam upaya pembangunan Indonesia yang mungkin dirasa terlalu berat jika dijalankan sendiri, akan menjadi lebih ringan jika dijalankan bersama-sama / berkolaborasi, dan memungkinkan berdampak pada menyebarnya kebaikan dan kepedulian masyarakat lainnya yang lebih luas.

Kita berharap melalui Youth Leadership Camp ini mampu mendorong tumbuh kembang embrio awal 50 mahasiswa agent of change ini dengan mental driver, berpengetahuan pemimpin, skill writing dan digital public relation serta entrepreneurship sebagai bekal kolaborasinya membangun Indonesia”. Martina Susanti, CEO VIBE Center Indonesia menambahkan dalam pengarahannya, ”Sudah saatnya di era digital milenial ini mindset tentang leadership dibongkar sampai ke akarnya namun ditemukan pendekatannya secara apik, segar, dan visioner. Apalagi jika kendalinya mulai diserahkan pada mereka yang muda, yang penuh gairah visioner, out of box, bertekad kuat dengan talenta tajam dan varian. Rasanya kepemimpinan di tangan generasi milenial seakan – akan mampu menjadi sebuah citarasa heroik yang baru. Selain itu bangga rasanya jika kelak bisa melihat mereka memiliki wawasan berdaulat secara ekonomi melalui semangat bebas financial dengan keinginan komunal bisnis entrepreneurship.

Youth Leadership Camp ini dilaksanakan agar pemuda yang didalamnya juga mahasiswa memiliki peningkatan kapasistas diri dan peningkatan kepedulian sosial, yang kegiatannya melalui beberapa siklus yang didalamnya mencakup Personal Building Empowerment, Basic Leadership, Leadership on Program Management, Leadership on Operational Management, Digital Media Branding, Basic Journalism, Basic of Public Speaking, Digital Public Speaking, Trash Agent of Change, Local – National and International Geopolitics, Business Plan, Business Feasibility Test Analysis, dan Business Communal Practice. Kolaborasi tim trainernya berasal dari berbagai instansi, yakni VIBE Center Indonesia, Geopark Rinjani, Sebuah Kado.com, STAPALA Jatim – PKN STAN Jakarta.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x