Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

12 Dosen Lolos Sebagai Penerima Hibah Penelitian dan PKM Tahun 2024

Jombang – Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (Unwaha) Jombang patut berbangga. Pasalnya, sebanyak 12 dosen telah dinyatakan lolos sebagai Penerima Pendanaan Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Tahun 2024.

Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Kuasa Pengguna Anggaran Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTM) No. 0459/E5/PG.02.00/2024 tanggal 30 Mei 2024 tentang Penerima Program Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun Anggaran 2024.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unwaha Jombang, Dr. Zulfikar, S.P., M.Si. mengatakan, total dosen yang lolos sebagai penerima hibah adalah capaian yang optimal. Beliau juga berharap, di tahun-tahun yang akan datang total penerima hibah tersebut akan bertambah.

“Kemudian, implementasinya kita harapkan dari hasil PKM dan penelitian ini menjadi salah satu pengembangan dari materi ajar masing-masing dosen. Sehingga hasil ini bisa memperkuat roadmap penelitian para dosen di Unwaha Jombang,” kata Ketua LPPM tersebut.

Dengan hasil demikian, LPPM Unwaha Jombang akan terus berupaya dalam meningkatkan kualitas di bidang penelitian maupun pengabdian. “Insyaallah dalam waktu dekat akan kita lakukan penguatan dan peningkatan dalam penyusunan proposal masing-masing dosen. Sehingga beliau-beliau nanti sudah punya bekal dan strategi khusus bagaimana lolos hibah,” jelasnya.

Berikut nama-nama dosen Unwaha Jombang yang telah dinyatakan lolos sebagai penerima hibah:

No Nama Judul Penelitian Ruang Lingkup
1. Anggi Indah Yuliana Upaya Peningkatan Daya Saing Usahatani Kelompok Pembenihan Lele Desa Gajah Kabupaten Jombang melalui Penerapan Integrated Farming Sistem Berbasis Aquaponik. PKM
2. Agus Sifaunnajah Rancang Bangun Sistem Informasi Pola Tanam Berbasis Aplication Programming Interface untuk Manajerial Data Pertanian Terintegrasi di Kabupaten Jombang. PT
3. Dyah Ayu Sri Hartanti Upaya Peningkatan Efisiensi Pemupukan Anorganik Melalui Pemberian Pupuk Hayati Pada Kultivar Jagung Adv Jago dan Hibrida P35 PDP Reguler
4. Fitri Umardiyah Revitalisasi Nilai Karakter dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Missouri Mathematics Project Berbasis Kearifan Lokal Materi Transformasi Geometri SMP PDP Reguler
5. Lailatul Mathoriyah Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Bahasa Arab pada Materi Qowaid Al-Balaghah melalui Pengembangan Instrumen Four Tier Diagnostik Test Berbasis ICT PDP Reguler
6. Rohmat Hidayat Reading Side (R-Side) sebagai Media Pembelajaran berbasis ICT untuk Siswa MA Al Ihsan Tembelang Jombang PDP Reguler
7. Suci Prihatiningtyas Transformasi Digital Pembelajaran Fisika Era Merdeka Belajar: Membangun Literasi Sains, Literasi Digital melalui Pendekatan STEMQ Sekolah Berbasis Pondok di Jombang PKDN
8. Zulfikar Estimasi Adaptif Model Sebaran Hama Keong Mas (Pomacca Canaliculata L.) Menggunakan Pemulus Kernel dan Spline dengan Pendekatan Goldenshulger-lepski PFR
9. Fatikhatun Nikmatus Sholihah Sustainable Literasi Digital Melalui Media Aquaponik Berbasis IoT (Internet of Things) Menuju Green Education di MTs Da’watul Khoir Nganjuk PKM
10. Iin Baruroh Ma’arif Integrasi Teknologi Kamus Digital KIRATU untuk Mendukung Komunikasi Efektif Anak Tuna Rungu menuju Pendidikan Inklusif bagi Guru SLB Negeri Jombang PKM
11. Mar’atul Fahimah Ecopreneurship Pesantren: Membangun Kemandirian Ekonomi Pesantren dengan Green Product di Pondok Al-Mimbar Jombang PKM
12. Ospa Pea Yuanita Meishanti Penguatan Edu-Green Entrepreneurship melalui Projek Micro-ecological Aquatic Blokzin dalam Pengolahan Limbah di MA Da’watul Khoir Nganjuk. PKM

 

 

Red: Ibrahim
Editor: Ragil Septian

 

 

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Berita Terbaru
Artikel Terbaru
Pengumuman Terbaru
Agenda Terbaru
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x