Logo

Artikel

Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Berwawasan global dan berkarakter Islami

Teknologi informasi dan komunikasi yang semakin maju saat ini mengubah berbagai hal yang membutuhkan aktivitas diubah menjadi praktis. Teknologi tersebut menyasar semua bidang, termasuk pendidikan atau bahkan sistem belajar. Apalagi anak-anak masih membutuhan pelajaran tambahan di luar pendidikan formal, seperti bimbel.

Anda tentu lebih mengenal bimbel konvensional secara umum yang sejak dulu hingga kini masih bisa ditemui di sekitar Anda, bahkan semakin bertambah. Namun, beberapa orang cerdas dan inovatif memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut untuk memenuhi kebutuhan bimbel anak di seluruh Indonesia yang semakin meningkat. Mereka menemukan solusi agar bimbel bisa diikuti di manapun dan kapanpun berada, yakni dengan menciptakan bimbel online.

Kedua model bimbingan belajar tersebut bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan dan kriteria calon murid. Keduanya saling memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semua orang bisa memilih mana yang terbaik di antaranya, namun sebelum memilihnya, perlu diketahui berbegai perbandingannya secara lengkap terlebih dahulu seperti pada penjelasan berikut.

Perbandingan antara Bimbel Online dan Bimbel Konvensional

Kebanyakan orang tentu mengetahui definisi serta sistem belajar dari bimbel konvensional secara umum. Sitem bimbingan tersebut dilakukan layaknya seorang guru yang mengajar beberapa muridnya, seperti yang dilakukan di sekolah. Para murid bisa mendapatkan pengajaran secara langsung dan intens dari pengajar.

Apabila murid mengalami kesulitan, maka bisa menanyakan berbagai materi secara langsung. Selain itu, bimbingan belajar konvensional juga dapat meningkatkan kinerja para murid dalam tim. Mereka akan diberikan materi pembelajaran indivividu dan kelompok agar terbiasa dengan berbagai pekerjaan yang dikerjakan mandiri maupun berkelompok.

Berbeda dengan bimbel online, yang cukup asing di telinga beberapa orang, khususnya para orang tua. Sistem pada bimbingan online memungkinkan para pengajar dan murid membahas materi tidak secara langsung. Tetapi mereka bisa bertemu melalui media yang bisa menghubungkan si murid dan pengajar dari segala tempat yang berbeda.

Sistem bimbingan belajar online memang cukup fleksibel, tetapi ini lebih cocok jika diterapkan untuk para murid yang ingin belajar secara mandiri. Sistem ini memungkinkan para murid memilih pengajar yang berasal dari berbagai kota atau bahkan dari luar negeri secara praktis. Cukup menggunakan gadget, murid bisa berinteraksi dengan mudah dengan pengajar tanpa harus mendatangi lokasi bimbel, dan memilih fasilitas tertentu agar mendapatkan pengajar dari berbagai wilayah.

Kelebihan dan Kekurangan Bimbel Online Vs Bimbel Konvensional

Munculnya inovasi terbaru dalam sistem pembelajaran seperti bimbingan online saat ini tidak bisa mengalihkan para murid untuk tetap belajar dengan bimbel konvensional. Namun, tidak jarang juga orang-orang yang memanfaatkan bimbingan secara online di sela-sela kesibukan mereka yang makin meningkat.

Agar bisa menentukan pilihan dengan tepat, sebaiknya ketahuilah beberapa perbandingan antara kelebihan dan kekurangan bimbel online vs bimbel konvensional berikut ini.

  • Bimbel Online Praktis dan Fleksibel

Bimbingan belajar online sangat praktis untuk diikuti dan dihadiri para murid dari berbagai tempat atau wilayah tanpa batas. Mereka bisa memilih jadwal bimbingan sesuai waktu luang yang dimilikinya. Tidak harus mengunjungi tempat tertentu untuk mengikuti bimbingan, sambil bersantai di rumah atau liburan pun bimbingan tetap bisa diikuti.

Berbeda dengan bimbingan belajar konvensional yang mengharuskan para murid untuk mendatangi lokasi bimbel. Selain itu, mereka tidak boleh datang terlambat atau sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan di lokasi bimbel. Jika lokasi bimbel cukup jauh dengan tempat tinggal, tentu akan memberatkan para murid untuk mengikutinya.

Mereka pun cenderung mengikuti bimbel di lokasi terdekat, meskipun kemungkinan bahwa bimbel tersebut kurang berkualitas jika dibandingkan bimbel bonafide. Dalam hal ini, bimbel online lebih unggul jika dibandingkan dengan bimbingan secara konvensional.

  • Bimbel Konvensional Memungkinkan Para Murid Belajar Lebih Intensif

Pembelajaran secara intensif sangat diperlukan oleh para murid agar bisa menguasai materi yang dipelajari. Hal ini bisa dengan mudah dilakukan jika mereka mengikuti bimbel secara konvensional yang memungkinkan para murid mendalami materi dengan bantuan guru. Selain itu, mereka juga bisa saling bertanya kepada sesame teman dan bekerja sama untuk menyelesaikan persoalan yang sulit pada materi yang diajarkan.

Berbeda dengan bimbel online, yang lebih memungkinkan para murid untuk mengerjakan dan menyelesaikan soal secara mandiri. Mereka bisa mendapatkan bantuan melalui media online. Namun, hal ini justru semakin tidak efektif karena pikiranna tidak terlalu terlatih jika mengandalkan peran media. Sedangkan si pengajar hanya bisa memberikan beberapa penjelasan dalam jangka waktu yang sangat terbatas karena mereka membagi waktunya dengan murid lainnya.

  • Para Murid Bisa Memilih Pengajar sesuai Keinginan dengan Bimbel Online

Kecanggihan teknologi dari penerapan bimbel secara online sangatlah hebat, karena para murid bisa memilih para pengajar sesuai keinginan mereka. Misalnya, ketika hendak mengikuti bimbingan online bahasa Inggris, pada beberapa aplikasi tersedia fitur untuk memilih guru sesuai jadwal dan kriteria calon murid. Jika mereka menginginkan guru dari luar negeri, maka bisa memencet tombol untuk memilihnya.

Sedankan dengan bimbingan secara konvensional, murid harus bisa menerima sistem belajar yang diterapkan oleh guru, begitupun dengan karakternya. Murid tidak bisa meminta untuk beralih ke guru lain di mata pelajaran yang sama jika tidak sesuai jadwal yang telah diatur oleh para pengajar.

  • Komunikasi Langsung dengan Pengajar Lebih Mudah dengan Bimbel Konvensional

Para murid tentu membutuhkan sistem komunikasi yang baik dengan si pengajar agar materi pelajaran bisa dipahami dengan baik. Oleh karena itu, bimbingan konvensional memungkinkan para muridnya menanyakan dan mendiskusikan berbagai kesulitan dengan si pengajar secara intensif. Tidak hanya dengan pengajar, mereka juga bisa saling berdiskusi dengan teman-teman yang lain.

Bimbel online justru sebaliknya, untuk menjalin komunikasi secara optimal, para murid harus memiliki koneksi jaringan anti lemot. Jika tidak, maka proses belajar akan terganggu. Selain itu, para murid juga kurang memperoleh pelayanan maksimal ketika belajar, karena gangguan jaringan bisa saja mengurangi batas waktu dan kesempatan untuk belajar. Dan, mereka harus menunggu jadwal lain ketika mengalami gangguan jaringan tersebut.

  • Pembayaran Lebih Mudah dengan Bimbel Online

Pembayaran pada sistem bimbel online memang sangat mudah dan praktis, karena Anda bisa melakukannya di manapun dan kapanpun Anda berada. Bahkan ada beberapa platform yang menyediakan layanan bimbel secara gratis.

Sedangkan pada bimbel konvensional, pembayaran harus dilakukan secara langsung pada pihak lembaga atau perorangan. Hal tersebut sangat beresiko, karena Anda harus membawa atm atau dana cash.

Kedua sistem belajar di atas memiliki kelebihan dan kekurangan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Pilihlah bimbingan yang menurut Anda paling tepat untuk diikuti, baik oleh Anda sendiri, anak, maupun orang lain. Jika ingin yang lebih praktis, fleksibel, atau bahkan gratis, maka pilihlah bimbel online tetapi pastikan jaringan lancar. Namun, jika ingin lebih mendalami materi secara intensif sebaiknya pilihlah sistem bimbingan konvensional.



Komentar


blog comments powered by Disqus
    • Statistik Pengunjung
    • Browser :
    • Operating System : Unknown Platform
    • Server process time: 0.0433 secs.