Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Cara Mengatasi Kemalasan? Ini Dia 6 Tips Sederhana

Jika kamu mendapati bahwa kamu lebih sering meluangkan waktu sepanjang hari, dan kamu kesulitan menyelesaikan sesuatu, itu bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang sedang terjadi.

Kurangnya semangat untuk mengerjakan tugas kamu, daftar tugas yang sangat banyak, dan bahkan kondisi kesehatan yang mendasarinya hanyalah beberapa hal yang dapat mengganggu keinginan kamu untuk menyelesaikan sesuatu.

Dalam artikel ini akan membahas semua dasar kemalasan dan memberi tahumu cara menghentikan kemalasan sehingga kamu bisa lebih produktif.

Bagaimana mengatasi kemalasan?

“Bagaimana saya bisa menghentikan kemalasan?” Jawabannya mungkin tidak semudah yang kamu harapkan. Sementara beberapa orang mungkin lebih cenderung malas daripada yang lain, bahkan orang yang sangat produktif terkadang merasa sulit untuk menyelesaikan sesuatu.

Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk membantumu menghilangkan kemalasan dan meningkatkan produktivitas kamu.

1. Buat Daftar Tujuan yang bias Kau capai

Menetapkan tujuan yang tidak realistis dan mengambil terlalu banyak hal dapat menyebabkan kelelahan. Kelelahan dalam menyelesaikan pekerjaan dapat menyebabkan gangguan kesehatan, kehilangan minat dan motivasi.

Hindari kelebihan beban dengan menetapkan tujuan yang lebih kecil dan dapat dicapai yang akan membawa kamu ke tempat yang kamu inginkan tanpa membuatmu kewalahan.

2. Jangan berharap dirimusempurna

Perfeksionisme sedang meningkat dan itu berdampak psikologis. Peningkatan perfeksionisme ini menyebabkan orang menjadi terlalu kritis terhadap diri sendiri dan orang lain. Itu juga menyebabkan peningkatan depresi dan kecemasan. Penelitian lain yang lebih kecil terhadap mahasiswa menyimpulkan bahwa mengharapkan kesempurnaan terkait dengan menghindar, yang menyebabkan pemicu stress.

3. Gunakan Motivasi Diri Positif daripada Negatif

Motivasi pada diri yang negatif dapat menggagalkan upaya kamu untuk menyelesaikan sesuatu dalam setiap aspek kehidupan, Mengatakan kepada diri sendiri bahwa kamu adalah orang yang malas adalah salah satu bentuk pembicaraan diri yang negatif.

Alih-alih mengatakan, “Tidak mungkin saya bisa menyelesaikan ini,” katakan, “Saya akan memberikan segalanya untuk mewujudkannya.”

4. Buat Rencana

Merencanakan bagaimana kamu akan menyelesaikan sesuatu dapat mempermudahmu mencapainya. Bersikap realistis tentang berapa banyak waktu, tenaga, dan faktor lain yang dibutuhkan untuk memenuhi tujuanmu dan membuat rencana tindakan. Memiliki rencana akan memberikan arahan dan kepercayaan diri yang dapat membantu bahkan jika kamu menemui rintangan di sepanjang jalan.

5. Hindari gangguan

Kita semua memiliki gangguan terutama saat kita tidak merasa ingin melakukan tugas – apakah itu berselancar di media sosial atau bermain dengan hewan peliharaan.

Temukan cara untuk membuat gangguan Anda lebih sulit diakses. Ini bias berarti kamu perlu menemukan tempat yang tenang untuk bekerja, seperti perpustakaan / ruang kosong, atau menggunakan aplikasi untuk memblokir situs yang sering kamu kunjungi saat kamu harus mengerjakan tugas.

6. Beri Hadiah Pada Diri Sendiri

Menyelesaikan pekerjaan adalah hadiah itu sendiri, tetapi beberapa orang didorong oleh penghargaan eksternal. Fokus pada apa yang akan kamu peroleh dari menyelesaikan sesuatu, seperti semakin dekat dengan promosi, atau hadiahi dirimu sendiri setelah menyelesaikan pekerjaan yang dilakukan dengan baik. Rayakan akhir proyek besar dengan jalan-jalan atau ajak teman untuk makan-makan setelah seharian menyelesaikan pekerjaan.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x