Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Ketahui 8 Sifat Anak Didik Berikut, Membuat Anda Mengenali Karakter Anak Didik Menurut Hadits.

Dalam Islam, karakter dan sifat anak didik merupakan masalah fundamental untuk membentuk umat yang berkarakter, pembangunan karakter dibentuk dari pembinaan akhlaku karimah (akhlak yang baik). Fakta yang didapati pada zaman sekarang banyak sekali penyimpangan karakter yang mengakibatkan sifat buruk pada anak didik. Ini sangat bertentangan dengan syair-syair yang ada pada kitab Ta’lim mutaalim yang ditulis oleh syaikh Burhnuddin Az-Zarnuji.

Dalam kitab ini tertulis beberapa karakter dan sifat pada anak didik, karena kitab ini khusus membahas tentang ilmu. Karakter dan sifat anak didik merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam mencari Sebab pada era 4.0 ini semua sudah beralih fungsi ke gadget mulai dari mencari pelajaran atau informasi, bermain dan berinteraksi, maka sebagai pendidik perlu menumbuhkan karakter dan sifat pada anak didik yang sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadist.

Berikut sifat anak didik dalam analisis hadist diatas: (1) bersikap tawadhu’, (2) mempelajari ilmu yang terpuji (mahmudah), (3) mengurangi kecenderungan terhadap duniawi, (4) belajar secara bertahap, (5) memprioritaskan ilmu diniyah, (6) mengenal nilai pragmntis, (7) belajar dengan niat ibadah dalam rangka taqarrub kepada Allah SWT, dan (8) tunduk pada nasihat pendidik.

Baca Selengkapnya->>

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x