Logo

Artikel

Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Berwawasan global dan berkarakter Islami

Dalam Islam, karakter dan sifat anak didik merupakan masalah fundamental untuk membentuk umat yang berkarakter, pembangunan karakter dibentuk dari pembinaan akhlaku karimah (akhlak yang  baik). Fakta yang didapati pada zaman sekarang banyak sekali penyimpangan karakter yang mengakibatkan sifat buruk pada anak  didik. Ini  sangat  bertentangan dengan syair-syair yang ada pada kitab Ta’lim mutaalim  yang  ditulis  oleh  syaikh  Burhnuddin Az-Zarnuji.

Dalam  kitab  ini  tertulis  beberapa karakter dan sifat pada anak didik, karena kitab ini khusus membahas tentang ilmu. Karakter dan sifat anak didik merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam mencari Sebab pada era 4.0 ini semua sudah beralih fungsi ke gadget mulai dari  mencari pelajaran  atau informasi, bermain dan berinteraksi, maka sebagai pendidik perlu menumbuhkan karakter dan sifat pada anak didik yang sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadist. 

Berikut sifat anak didik dalam analisis hadist diatas: (1) bersikap tawadhu’, (2) mempelajari ilmu yang terpuji (mahmudah), (3) mengurangi kecenderungan terhadap duniawi, (4) belajar secara bertahap, (5) memprioritaskan ilmu diniyah, (6) mengenal nilai pragmntis, (7) belajar dengan niat ibadah dalam rangka taqarrub kepada Allah SWT, dan (8) tunduk pada nasihat pendidik. Baca Selengkapnya di sini



Komentars


    • Statistik Pengunjung
    • Browser :
    • Operating System : Unknown Platform
    • Server process time: 0.0422 secs.