Logo

Artikel

Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Berwawasan global dan berkarakter Islami

Solat wajib atau solat 5 waktu, bukan hanya sekadar kewajiban bagi kita umat Islam. Ya, solat wajib juga merupakan kebutuhan bagi Anda dan kita semuanya yang merupakan umat muslim.  Sehingga, jangan berpikir melaksanakan solat hanya untuk menggugurkan kewajiban Anda saja. Akan sangat disayangkan, jika Anda yang merupakan umat Islam hanya melaksanakan solat untuk menggugurkan kewajiban Anda saja.

Bagi Anda yang memang menjadikan solat bukan sekadar kewajiban saja, maka Anda akan menjalankan ibadah solat di awal waktu atau di waktu yang tepat. Sebab menunda-nunda solat adalah perbuatan yang kurang bagus. Selain itu, Anda pun perlu tahu jika ada beberapa keutamaan  bagi Anda yang solat 5 waktu di awal.

Berikut adalah Keutamaan Sholat 5 Waktu di Awal atau Waktu yang Tepat

Keutamaan Solat 5 Waktu di Awal

Dengan mengetahui keutamaan solat 5 waktu di awal, maka hal ini bisa menjadi motivasi Anda untuk solat tepat waktu. Nah, berikut ini adalah keutamaan dari solat 5 waktu di waktu awal.

1. Dicintai Oleh Allah SWT

Bukti seorang muslim mencintai Allah SWT adalah dengan bergegas menjalankan ibadah solat 5 saat waktunya sudah tiba. Jika Anda mencintai Allah SWT, maka Allah SWT pun akan mencintai Anda juga. Untuk itu, jaga solat Anda agar Anda bisa terus rajin solat di awal waktu. Tak ada salahnya meninggalkan segala pekerjaan saat waktu solat telah kamu tiba.

2. Mendapatkan Balasan Surga

Balasan bagi muslim yang menyegerakan solatnya adalah surga. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud dari Abu Qatadah bin Rib’iy, bahwa Rasulullah SAW bersabda : Allah Ta’ala berfirman:  ‘Sesungguhnya Aku mewajibkan umatmu solat lima waktu, dan Aku berjanji bahwa barangsiapa yang menjaga waktu-waktu solat pasti Aku akan memasukkannya ke dalam surga, dan barangsiapa yang tidak menjaga solatnya, maka dia tidak mendapatkan apa yang aku janjikan'.

3. Dosanya Akan Diampuni Oleh Allah SWT

Keutamaan solat 5 waktu di awal adalah dosanya akan diampuni oleh Allah.  Sebab orang yang solat tepat waktu adalah orang yang memprioritaskan Allah SWT di atas segalanya, dan mengikhlaskan waktunya untuk menghadap Allah SWT, maka dosa-dosanya akan digugurkan. Pekerjaan di dunia bisa dikejar, tapi waktu solat yang terlewat jelas tak akan Anda dapatkan kembali.

4. Memperoleh Pahala Kebaikan yang Amat Besar

Solat 5 waktu di awal jelas memiliki pahala yang amat besar. Untuk itu jangan sampai Anda menyia-nyiakan kesempatan ini untuk memperoleh pahala kebaikan. Solat lima waktu juga tidam akan menghabiskan semua waktu Anda. Setelah selesai solat, Anda masih bisa menyelesaikan semua kegiatan atau pekerjaan Anda.

5. Akan Mendapatkan Sembilan Macam Kemuliaan

Bagi Anda yang menyegerakan solat 5 waktu, maka Anda akan mendapatkan sembilan kemuliaan, yaitu dicintai oleh Allah SWT, badannya akan selalu diberi kesehatan, diana pun keberadaannya selalu dijaga oleh para malaikat, rumahnya akan selalu diberkahi, wajahnya menampakkan jati diri seorang muslim yang shalih, hatinya akan dilunakkan oleh Allah SWT, dipermudah saat akan menyeberang jembatan Shirath seperti kilat, dia akan diselamatkan Allah SWT dari panasnya api neraka, dan Allah SWT Akan menempatkannya di surga-Nya.

Itu adalah 5 keutamaan bagi umat muslim yang bisa menjaga sholatnya. Semoga bisa menjadi motivasi Anda untuk selalu rajin solat 5 waktu di awal.



Komentar


blog comments powered by Disqus
    • Statistik Pengunjung
    • Browser :
    • Operating System : Unknown Platform
    • Server process time: 0.0418 secs.