Logo

Artikel

Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Berwawasan global dan berkarakter Islami

Salat adalah ibadah yang paling utama dan wajib dilaksanakan oleh semua muslim yang sudah baligh. Salat wajib yang dimaksud adalah salat 5 waktu atau salat fardu, yakni Dhuhur, Asar, Maghrib, Isya, dan subuh.

Ibadah salat wajib ini tidak boleh ditinggalkan. Barang siapa yang meninggalkan salat wajib dengan sengaja, maka dia akan sangat berdosa. Karena perlu Anda ketahui, bahwa amalan pertama yang nantinya akan dihisab oleh Allah adalah salat. Maka dari itu, janganlah Anda meninggalkan salat barang satu waktu pun.

Sebaliknya, jika Anda melaksanakan salat dengan sebaik-baiknya, maka Anda akan memperoleh pahala.

Tapi, salat, tidak sekadar salat saja, ada beberapa syarat salat yang harus Anda lakukan sebelum melaksanakan salat. Di dalam agama Islam, telah dijelaskan beberapa syarat sah salat yang harus dilakukan setiap muslim sebelum melaksanakan salat agar nantinya salat yang dilakukan diterima oleh Allah SWT.

Bagi Anda yang belum tahu syaratnya, berikut akan dijelaskan. Jadi, sebelum sholat, pastikan dan lakukan 5 hal berikut ini.

Sebelum Sholat, Pastikan Perhatikan dan Lakukan 5 Hal Berikut Ini

Sebagai umat muslim, menunaikan ibadah salat fardu adalah kewajiban, terutama yang sudah baligh dan memiliki akal sehat. Tapi, sebelum salat ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebagai syarat sah salat. Apa saja? Silakan disimak!

1. Suci Dari Hadas Besar dan Kecil

Syarat sah salat yang pertama adalah, Anda harus memastikan bahwa diri Anda bersih dari hadas besar maupun kecil.

Hadas kecil berupa kentut, buang air kecil dan besar, terkena kotoran, dan lain-lain. Untuk menghilangkan hadas kecil ini, Anda hanya perlu mengambil wudhu untuk menyucikan kembali diri Anda.

Sedangkan, hadas besar adalah keadaan seorang laki-laki yang tengah mengalami mimpi basah dan seorang perempuan yang sedang mendapatkan haid atau nifas. Muslim yang mengalami hal itu, agar dirinya kembali suci, perlu melakukan yang namanya mandi besar atau mandi junub terlebih dahulu sebelum melaksanakan salat agar badannya kembali suci.

2. Menutup Aurat

Hal yang harus Anda perhatian sebelum salat selanjutnya adalah, menutup aurat. Sebelum melaksanakan salat dan setelah mengambil wudhu, pastikan, pakaian yang Anda kenakan sudah menutupi aurat Anda. Periksa, apakah ada yang tersingkap, kekecilan, atau yang lainnya yang sekiranya berpotensi terbuka ketika salat berlangsung.

Tapi, menutup aurat pun tidak cukup, Anda juga harus memastikan, pakaian yang Anda gunakan itu bersih dan rapi. Seperti firman Allah dalam QS Al A'raf ayat 31 yang mengatakan, "Wahai anak cucu Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap memasuki masjid."

3. Suci Badan, Pakaian, dan Tempat Untuk Salat

Selanjutnya, hal yang harus Anda perhatikan sebelum salat adalah, suci badan, pakaian, dan tempat salat. Jika Anda ingin melaksanakan salat, tiga hal itu harus Anda perhatikan. Badan Anda harus suci dari hadas besar ataupun kecil, pakaian Anda harus bersih dan rapi, juga tempat salat harus suci dari najis apapun. Sehingga barulah bisa Anda laksanakan salat yang khusyu.

4. Menghadap Kiblat

Menghadap kiblat adalah hal yang harus Anda perhatikan sebelum salat selanjutnya. Ini merupakan syarat sah salat yang terpenting. Menghadap kiblat di sini maksudnya adalah menghadap ke arah Ka'bah atau Masjidil Haram.

Jika semisal Anda sedang di lokasi yang tak ada arah petunjuknya, Anda boleh menghadap manapun ke arah yang Anda yakini sebagai kiblat. Sesungguhnya Allah memang selalu mempermudah urusan umatnya perihal salat.

5. Sudah Masuk Waktu Salat

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan sebelum salat adalah, waktu salat. Sebelum salat, Anda harus paham, sudahkan ini masuk waktu salat? Jadi, Anda harus pastikan, kalau waktu tersebut telah masuk ke salah satu waktu salat.

Demikan, semoga bermanfaat!



Komentar


blog comments powered by Disqus
    • Statistik Pengunjung
    • Browser :
    • Operating System : Unknown Platform
    • Server process time: 0.0610 secs.