Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Tips Mencegah Tertular Covid 19

Covid 19 atau virus Corona saat masih menjadi momok bagi warga dunia, khusus ya Indonesia. Virus yang berasal dari Wuhan, China ini memang telah menyebabkan keresahan yang terus berlanjut. Apalagi di Indonesia kasus positif covid 19 saat ini semakin meningkat dan sudah menyentuh angka 1 juta kasus positif. Tentu hal ini adalah berita yang sangat buruk ya, mengingat negara-negara tetangga sudah mampu mengendalikan laju positif corona sedangkan Indonesia belum.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi penyebab kasus positif corona di Indonesia terus melonjak tajam. Salah satunya adalah faktor manusia yang tidak taat akan imbauan untuk melaksanan 3M dan menaati yang namanya protokol kesehatan. Hal ini lah yang membuat banyak orang kemudian tertular virus berbahaya ini.

Lantas bagaimana cara mencegah diri agar tidak tertular Covid 19?

Berikut akan kami bagikan beberapa tips mencegah tertular Covid 19. Silakan disimak!

Tips Mencegah Tertular Covid 19

Covid 19 masih terus membayangi, tapi kegiatan keluar rumah tak bisa dibendung. Banyak orang yang masih harus keluar mencari nafkahnya atau melakukan kegiatan yang lain. Maka dari itu, taat akan protokol kesehata adalah kuncinya. Selain itu, ada beberapa tips yang juga bisa membantu Anda agar terhindar dari covid 19. Berikut uraiannya.

1. Stay At Home

Stay At Home atau Di rumah saja adalah salah satu upaya dalam mencegah penularan covid 19. Di dalam hal ini, Anda harus bisa menahan diri untuk tak keluar rumah jika tak ada kepentingan genting. Anda benar-benar harus membatasi aktivitas Anda yang ada di luar rumah. Jika Anda terpaksa harus keluar, Anda harus menghindari yang namanya. Menggunakan transportasi publik, pergi ketempat ramai, dan laisebagainya.

2. Memakai Masker

Cara mencegah agar tak tertular covid 19 selanjutnya adalah menggunakan masker. Gerakan ini sudah gencar di gaungkan oleh pemerintah sejak Corona ini hadir di Wuhan. Semua orang diimbau untuk mengenakan masker saat keluar rumah untuk. Anda benar-benar harus taat menggunakan masker ini, terutama saat berada di lingkungan yang terdapat banyak orang, binatang peliharaan, dan temat-tempat publik lainnya.

Virus ini telah diumumkan sebagai virus droplet yang mana bisa menyebar melalu udara. Dengan menggunakan masker, Anda akan terhindar dari pencemaran udara disekitar Anda yang mungkin saja sudah terpapar corona.

3. Cuci Tangan

Pencegahan selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah, selalu mencuci tangan dengan sabun.

Tangan merupakan bagian tubuh yang memiliki peluang besar untuk kuman, bakteri, dan virus menempel, karena kegiatan apapun pasti menggunakan tangan. Untuk itu, Anda harus menjaga kebersihan tangan Anda dengan mencuci tangan setidaknya 20 detik menggunakan sabun. Jika Anda sedang ada di tempat umum dan tidakada sabun dan air, Anda bisa gunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol setidaknya 60%

4. Jaga Jarak

Jaga jarak ini sudah selalu pemerintah peringatkan. Dengan menjaga jarak setidaknya 2 meter, Anda akan aman dari virus droplet yang bisa menempel di baju Anda atau bahakan terhirup oleh Anda.

5. Hindari Kontak Langsung dengan Orang Lain

Selain jaga jarak, sebisa mungkin Anda juga harus menghindari yang namanya kontak langsung dengan orang lain, terlebih orang asing. Karena kita tidak pernah tahu apa yang sudah orang tersebut pegang, sudah dari manakah dia, dan apakah dia sehat atau tidak. Jadi, hindari kontak langsung dengan orang-orang. Kalau perlu, jika ada kerumunan Anda langsung menghindar dari sana untuk meminimalisasi untuk kontak langsung dengan orang-orang.

Oke itu dia beberapa tips mencegah covid-19 yang bisa Anda coba. Selamat mencoba dan stay healthy ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x