Logo

Artikel

Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Berwawasan global dan berkarakter Islami

Seorang pemimpin harus memiliki taktik yang jitu untuk mewujudkan visinya. Ia harus mampu menerjemahkan inspirasi dan visi yang ia punya menjadi program-program yang praktis dan sederhana namun menarik serta terukur keberhasilannya. Memang tidak mudah menjadi pemimpin yang visioner untuk mewujudkan konsep ideal pada tataran praktis tidak akan luput dari banyak kendala di lapangan. Berikut tips sederhana dari Burt Nanus agar langkah-langkah menuju kepemimpinan visioner bisa terwujud:

Pertama,  Langkah Perencanaan , seorang pemimpin harus mampu merumuskan ide atau gagasan suatu visi dan mempunyai suatu pandangan visi misi yang jelas dalam organisasi. Dalam langkah ini berikut hal-hal yang harus diperhatikan; Visi harus dapat memberikan panduan/arahan dan motivasi, visi harus disebarkan di kalangan anggota organisasi (stakeholder) dan Visi harus digunakan untuk menyebarluaskan keputusan dan tindakan organisasi yang penting. 

Kedua, Langkah Implementasi, memberi arti pada kerja dan usaha yang dilakukan bersama-sama para anggota organisasi berdasarkan visi yang jelas. Terdapat 5 hal yang harus diperhatikan dalam langkah implementasi ini, di antaranya : Fokus kepada tujuan organisasi, Membuat rencana jangka panjang, menengah maupun pendek, Mengembangkan visi bagi masa depan organisasi, Selalu berada dalam kondisi siap dan dinamis untuk berubah serta Selalu mengetahui kebutuhan konstituen/pelanggan.

Ketiga, Langkah Evaluasi, langkah ini difungsikan sebagai langkah mengukur ketercapaian, Kepemimpinan yang berorientasi kepada pencapaian visi, terbiasa menghadapi segala tantangan dan resiko, mengamati suatu kejadian di masa depan. Dapat disebut pemimpin visioner apabila seorang pemimpin dalam sebuah lembaga jika sudah dapat memenuhi kriteria-kriteria ketercepaian dari visinya, setelah melalui adanya proses perencanaan serta pelaksanaan sebagai implementasi dari rencana dalam sebuah pembentukan visi. selengkapnya...



Komentar


blog comments powered by Disqus
    • Statistik Pengunjung
    • Browser :
    • Operating System : Unknown Platform
    • Server process time: 0.0226 secs.