Logo

Artikel

Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Berwawasan global dan berkarakter Islami

Solat lima waktu atau solat wajib adalah sebuah kewajiban bagi setiap muslim yang sudah baligh (laki-laki dan perempuan). Tapi sayang, masih banyak yang sering menunda-nunda melaksanakan solat sehingga solat di waktu yang sudah mepet. Nah, yang lebih parah malah terkadang banyak juga yang tidak melaksanakan solat sama sekali. Jelas, meninggalkan solat adalah dosa besar.

Untuk itu, bagi Anda yang seorang muslim maka jangan sekali-kali sampai melaksanakan solat di waktu yang sudah mepet, atau bahkan tidak solat sama sekali. Solat di waktu yang mepet jelas membuat Anda akan solat dengan tidak khusyuk, dan bahkan tergesa-gesa. Pastinya Anda tidak mau jika pahala solat Anda berkurang karena hal tersebut. Nah, berikut ini adalah tips solat tepat waktu yang perlu muslim perhatikan.

Tips Agar Dapat Solat Tepat Waktu

Bagi Anda yang memang sungguh-sungguh dalam menjalankan ibadah solat, maka jelas Anda tak akan solat di waktu yang sudah mepet atau waktu solat tersebut sudah hampir habis. Untuk itu, lakukan tips berikut ini agar solat Anda bisa tepat waktu.

1. Pasang Aplikasi Pengingat Solat

Di zaman yang sudah serba canggih ini, tentunya sudah ada aplikasi pengingat solat yang dapat Anda pasang di smartphone Anda. Anda tinggal cari saja aplikasi pengingat solat di Play Store atau App Store, lalu atur aplikasi tersebut agar dapat meningkatkan Anda untuk solat tepat waktu.

2. Membuat Catatan Pengingat Solat di Meja Belajar atau Meja Kerja

Kadang urusan dunia seperti bekerja atau belajar, memang menjadi salah satu hal yang membuat Anda sering telat solat. Jika memang hal tersebut yang sering membuat Anda telat solat, maka coba buat catatan kecil pengingat solat di meja belajar atau meja kerja Anda. Dengan begitu Anda akan merasa selalu diingatkan untuk segera melaksanakan solat terlebih dahulu, sebelum menyelesaikan urusan dunia. Jika sudah solat, maka Anda bisa merasa lebih tenang dalam menyelesaikan pekerjaan atau urusan belajar.

3. Berteman Dengan Orang yang Selalu Menjaga Solatnya

Tips selanjutnya agar Anda bisa solat tepat waktu dan tentunya makin rajin solat adalah Anda bisa mencari teman yang selalu mengingatkan dalam hal kebaikan, contohnya selalu mengingatkan untuk solat tepat waktu. Jika teman Anda rajin solat tepat waktu, maka secara otomatis Anda bisa meniru perbuatan baik tersebut.

4. Buatlah Alarm Sepuluh Menit Sebelum Waktu Solat

Salain mengggunakan aplikasi di smartphone Anda, Anda juga bisa buat alarm sepuluh menit sebelum waktu solat. Alarm ini bisa Anda gunakan untuk persiapan sebelum melakukan ibadah solat. Terlebih lagi jika Anda sedang dalam perjalanan. Nah, waktu sepuluh menit ini bisa digunakan untuk mencari masjid terlebih dahulu.

5. Biasakan Istirahat Saat Adzan Berkumandang

Saat sedang bekerja dan mendengarkan Adzan, coba untuk beristirahat terlebih dahulu sambil mendengarkan adzan selesai. Nah, saat adzan selesai Anda bisa langsung wudhu dan kemudian melaksanakan solat. Dengan demikian solat Anda juga bisa lebih khusyuk dan tenang.

6. Selalu Menjaga Wudhu

Nah, ada baiknya setelah Adzan solat selesai atau bahkan beberapa menit sebelum waktu solat, Anda sudah mengambil wudhu. Kalau sudah mengambil wudhu maka jelas Anda akan segera melaksanakan solat sebelum wudhu Anda batal.

Itulah 6 tips mudah untuk Anda agar solat Anda bisa tepat waktu. Mari jaga solat, agar kita bisa terhindar dari berbagai keburukan. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.



Komentar


blog comments powered by Disqus
    • Statistik Pengunjung
    • Browser :
    • Operating System : Unknown Platform
    • Server process time: 0.0291 secs.