Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Jalin Silaturahmi, HMP PBA Unwaha Gelar Studi Banding dengan HMD Sastra Arab UM

Malang – Guna menjalin hubungan baik antar organisasi, Pengurus Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab (HMP PBA) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (Unwaha) Jombang menggelar studi banding. Studi banding dilakukan bersama Pengurus Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Sastra Arab Universitas Negeri Malang (UM), di Aula Gdung D16 Fakultas Sastra, Rabu (26/6/2024).

Kegiatan yang diikuti oleh kurang lebih 80 peserta ini, mengusung tema “Simposium Organisasi: Formulasi Strategi Pengembangan Himpunan yang Inklusif dalam Segala Bidang”. Dengan tema tersebut, diharapkan kepada setiap individu di masing-masing organisasi memiliki kesempatan yang sama untuk berproses dan berkontribusi pada organisasi.

HMP PBA Unwaha Disambut Hangat

Ucapan selamat datang dan sambutan hangat kepada rombongan Studi Banding HMP PBA Unwaha Jombang disampaikan oleh Ketua Departemen Sastra Arab UM, Dr. Mohammad Ahsanuddin, S.Pd., M.Pd., pada sesi pembukaan.

Dilanjut dengan sambutan oleh Kaprodi PBA, Rina Dian Rahmawati, M.Pd.I. Beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada Departemen Sastra Arab UM yang menyambut dengan baik studi banding HMP PBA tersebut.

“Studi banding ini juga sebagai salah satu wujud dari implementasi MoU (Memorandum of Understanding, red) yang sudah terjalin dengan baik antara Unwaha Jombang dan UM,” ucap beliau.

Kaprodi PBA tersebut juga berharap, dalam kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan bagi seluruh pengurus HMP PBA Unwaha Jombang.

“Selain bertukar informasi mengenai program kerja, semoga dengan studi banding ini ada inovasi yang dapat bermanfaat untuk kemajuan bagi masing-masing lembaga,” harapnya.

Sharing Session

Dilanjut dengan sharing session, di mana para pengurus dari masing-masing organisasi saling bertukar gagasan untuk menghasilkan ide-ide inovatif dan solusi praktis yang dapat diimplementasikan.

Ketua HMP PBA, Erna Dwi Widiya Ningrum mengatakan, kegiatan ini berorientasi pada simposium organisasi untuk menekankan pentingnya inklusivitas sebagai landasan utama dalam perumusan strategi-strategi yang efektif untuk perkembangan himpunan.

“Kita berfokus pada pengembangan kebijakan dan praktik yang adil, menciptakan lingkungan yang kondusif serta memastikan bahwa setiap keputusan yang diambil mencerminkan semangat inklusivitas sebagai elemen kunci dalam pengembangan himpunan. Tentunya hal tersebut dilakukan dengan taktik atau penerapan strategi yang menyeluruh dan terintegrasi di semua bidang yang ada di himpunan,” katanya.

Di akhir pemaparannya, ia juga berharap, melalui kegitan ini pihaknya dapat memperoleh wawasan baru terkait berbagai aspek manajamen dan dinamika organisasi. Baik dari sisi pengembangan SDM, pengelolaan administrasi, serta strategi komunikasi dan publikasi.

“Dengan terselenggaranya kegiatan studi banding ini, para pengurus HMP PBA Unwaha juga berharap mampu memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di Unwaha Jombang,” imbuhnya.

Dokumentasi Studi Banding

Red: Faiqotul Millah
Editor: Ibrahim

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x