Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Jurnal Ilmiah Unwaha Siap Panen Akreditasi Pada Tahun 2024

SURABAYA – Memiliki Jurnal Ilmiah Bereputasi tentu merupakan dambaan seluruh perguruan tinggi di Indonesia tak terkecuali juga Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (UNWAHA) Jombang. Saat ini Unwaha telah tercatat mempunyai Jurnal Ilmiah yaitu 17 pada bidang penelitian, 5 pada bidang pengabdian dan 2 prosiding ilmiah.

Jurnal Ilmiah memiliki manfaat yaitu menyebarkan pengetahuan, memvalidasi hasil penelitian, meningkatkan reputasi institusi, dan mendukung kolaborasi, serta menjadi pilar penting dalam perkembangan akademik dan riset di lingkungan perguruan tinggi. Melalui penerbitan dan partisipasi aktif dalam publikasi, perguruan tinggi dapat memainkan peran sentral dalam memajukan ilmu pengetahuan dan memberikan kontribusi yang berarti bagi masyarakat dan dunia akademik.

Salah satu upaya dalam pengembangan SDM maupun pengelolaan jurnal di Unwaha yaitu dengan keikutsertaannya dalam kegiatan bertajuk “Workshop Pendampingan dan Peningkatan Tata Kelola Jurnal Ilmiah”.

Direktorat Riset Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat bekerja sama dengan Universitas Ciputra bertempat di Hotel Movenpick Surabaya City memfasilitasi kegiatan tersebut selama 2 hari (06-07/02/2023). Total 30 peserta terpilih dari Perguruan Tinggi di Indonesia menghadiri acara ini. Pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka meningkatan tata kelola Jurnal Ilmiah khususnya pada Pengabdian kepada Masyarakat. Kegiatan diawali dengan pemaparan Narasumber yang dilanjutkan dengan bedah jurnal dari sisi substantif dan manajemen dimana setiap jurnal didampingi langsung oleh pakar/Editor in Chief dari Jurnal Internasional Bereputasi.

Dr. Muhammad Kris Yuan Hidayatulloh, M.Pd. (Ketua LPPM & Chief Editor Unwaha Jombang)

Dr. Muhammad Kris Yuan Hidayatulloh, M.Pd. (Ketua LPPM sekaligus Chief Editor) menghadiri langsung acara worskhop ini. Beliau mengaku akan segera menindaklanjuti hasil dari workshop tersebut untuk disampaikan kepada seluruh pengelola Jurnal di lingkungan Unwaha. Saat ini, Unwaha telah memiliki 5 Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat yang telah memasuki Volume ke 4 dan proses pengajuan Akreditasi.

“Tata kelola dan SDM kita sudah memenuhi. Ini artinya tinggal menunggu panennya saja, insyalloh pada tahun 2024 ini sudah dapat panen raya terhadap Jurnal Jurnal yang ada di Unwaha.” ungkap Ketua LPPM dengan penuh optimis.

Prof. Dr. Ir. H. Gatot Ciptadi, DESS. IPU. ASEAN Eng. (Rektor Unwaha Jombang) tak henti-hentinya memberikan motivasi dan arahan kepada para pengelola Jurnal di Unwaha untuk selalu meningkatkan kualitas artikel yang akan diterbitkan. Artikel ilmiah tidak hanya sekedar suatu kewajiban dosen, namun lebih luas harus dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Artikel Ilmiah yang telah diterbitkan di Jurnal Unwaha dapat menjadi rujukan sekaligus solusi bagi masyarakat dalam setiap problem yang dihadapi.” pesan Prof. Gatot Ciptadi.

  • Red : M. Kris Yuan
  • Editor : Septian Ragil

**) Ikuti konten kreatif terbaru UNWAHA Jombang di Instagram klik link ini dan jangan lupa follow.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x