Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Kenali Prodi Pendidikan Matematika Unwaha Jombang

Jombang – Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika merupakan salah satu Prodi yang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (Unwaha) Jombang. Prodi Pendidikan Matematika Unwaha Jombang memiliki komitmen untuk meningkatkan kualitas akademik maupun non-akademik di bidang pendidikan matematika dan matematika murni.

Ketua Prodi (Kaprodi) Pendidikan Matematika Unwaha Jombang, Wisnu Siwi Satiti, S.Pd., M.Sc. mengatakan, sebagai penyelenggara pendidikan tinggi, Prodi ini memiliki visi utama yaitu mampu menghasilkan tenaga pendidik yang unggul dan berakhlaqul karimah.

“Prodi ini didirikan dengan tujuan untuk menghasilkan pendidik matematika yang dapat mengaplikasikan konsep kewirausahaan dalam perancangan dan pengelolaan pembelajaran,” kata Ibu Siwi, sapaan akrabnya.

Kuliah di Prodi Pendidikan Matematika Unwaha Jombang

Mungkin banyak dari calon mahasiswa yang merasakan jika matematika merupakan pelajaran yang sulit dan membosankan. Namun jangan salah, ilmu yang akan dipelajari di Prodi Pendidikan Matematika Unwaha Jombang ini sangatlah luas.

“Terdapat dua hal yang menjadi pembeda dengan Prodi serupa di Perguruan Tinggi lain, khususnya di Kabupaten Jombang. Pertama adalah pengembangan karya ilmiah berbasis Research and Development (R&D) dan pembelajaran berbasis Etnomatematika,” kata Kaprodi tersebut.

Terlebih saat ini, perkembangan teknologi memiliki potensi dan dampak yang signifikan terhadap pendidikan matematika. Beberapa di antaranya yaitu penggunaan perangkat lunak pembelajaran matematika dan pemanfaatan kecerdasaran buatan (AI) untuk memberikan umpan balik yang lebih personal kepada peserta didik.

“Kalau Etnomatematika yaitu proses pembelajaran yang selalu mengaitkan unsur-unsur budaya dan kedaerahaan dalam memahami konsep dan teori matematika. Kedua hal ini lah yang kita tekankan dalam proses pembelajaran di kampus, sehingga interaksi pembelajaran tidak hanya pembebanan pada tugas saja, melainkan lebih interaktif dan tidak membosankan,” imbuhnya.

Mata Kuliah Pendidikan Matematika

Memiliki minat sebagai pendidik dan ketertarikan dalam mempelajari ilmu matematika, berkuliah di Prodi ini adalah pilihan yang sangat tepat. Berbeda dengan Prodi atau Jurusan matematika yang berada di Fakultas Eksakta, pembobotan mata kuliah di Prodi ini memiliki dua fokus bidang keilmuan. Yaitu pendidikan dan matematika murni.

“Sama halnya dengan prodi pada rumpun ilmu pendidikan lainnya. Di Prodi ini, tentu juga diajarkan tentang teori kependidikan yang mencakup metode pembelajaran matematika dan manajemen pendidikan,” terang Ibu Siwi.

Berikut beberapa mata kuliah yang diajarkan di Prodi Pendidikan Matematika Unwaha Jombang:

  • Pengantar Dasar Matematika,
  • Pengantar Ilmu Pendidikan,
  • Kalkulus I, II, dan Lanjutan,
  • Struktur Aljabar I dan II,
  • Perencanaan Desain Pembelajaran,
  • dan Keterampilan Dasar Mengajar.

Profil Lulusan

Berikut profil lulusan Prodi Pendidikan Matematika Unwaha Jombang, antara lain:

  • Pendidik Matematika: lulusan yang memiliki pengetahuan dan wawasan yang memadai tentang ilmu matematika, pendidikan, teknologi, dan pembelajaran matematika; memiliki keterampilan dan seni mengajar; memiliki integritas pendidik; dan berakhlaqul karimah.
  • Peneliti Pemula Pendidikan Matematika: lulusan yang membantu melakukan pengumpulan, pengolahan, analisis dan penyajian data yg dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum.
  • Enterpreneur Pendidikan Matematika: lulusan yang mengaplikasikan konsep kewirausahaan secara inovatif dan kreatif dalam perancangan dan pengelolaan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajarannya.

Berdasarkan profil lulusan tersebut, lulusan S1 Prodi Pendidikan Matematika memiliki prospek karir yang luas. Para lulusan dapat bekerja di berbagai bidang, baik di sektor publik maupun swasta.

Akreditasi Prodi

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) No. 604/SK/LAMDIK/Ak/S/VI/2024, Prodi Pendidikan Matematika Unwaha Jombang telah terakreditasi Baik Sekali . Hal ini sebagai bukti bahwa mutu layanan dan pendidikan yang diselenggarakan prodi ini telah sesuai dengan standar lembaga pendidikan tinggi di Indonesia.

Kerjasama Prodi.

Sebagai informasi, Prodi Pendidikan Matematika Unwaha Jombang telah menjalin beberapa kerjasama dengan beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia maupun luar negeri.

Kerjasama tersebut di antaranya dengan Melaka International of Science and Technology (Malaysia) dan International College of Rajamangala University of Technology Krungthep (Thailand).

Di dalam negeri sendiri, Prodi Pendidikan Matematika Unwaha Jombang juga bekerjasama dengan Universitas Brawijaya (UB) Malang dan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.

Bagimana, tertarik kuliah di Program Studi Pendidikan Matematika Unwaha Jombang?. Buruan, segera daftarkan diri anda dan menjadi bagian dari salah satu Kampus NU terbaik. Informasi selengkapnya untuk pendaftaran mahasiswa baru dapat diakses melalui tautan ini.

Red: Ibrahim.
Editor: Ragil Septian.

4.3 7 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x