Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

KPU Goes to KAMPUS Ajak Mahasiswa Unwaha Nobar Film “Kejarlah Janji”

Rangkaian KPU Goes to Campus, “Nonton Bareng Kejarlah Janji” dalam rangka Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun, diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Jombang Jawa Timur pada Sabtu (28/10/2023) dilakukan di Aula Rektorat Kampus Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang. Pada pembukaan acara ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Ya Ahlal Wathon dan Jingle Pemilu, yang dipandu langsung oleh dirigen top mahasiswa Unwaha serta dilanjutkan dengan Pembacaan Doa.

Sejak awal acara mahasiswa mengsisi Pre-Test yang disediakan oleh panitia KPU Kabupaten Jombang. 200 buah kursi yang disediakan tidak mampu menampung jumlah mahasiswa yang sangat antusias ingin mengikuti jalannya KPU Goes to Campus, Nobar Kejarlah Janji di Kampus Unwaha ini. Sebab kesempatan bagi mahasiswa bisa nobar film keren karya dari Garin Nugroho serta mendapatkan ilmu dan pengarahan-pengarahan yang bermanfaat terkhusus bagi mahasiswa Unwaha itu sendiri.

Acara diawali dengan sambutan dari Bapak Dr. H. Wafiyul Ahdi, M.Pd.I selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unwaha Jombang. Gus Wafi menyampaikan bahwa tahapan yang harus dilakukan oleh KPU sangat besar dan kompleks.

“Oleh karena itu, sosialisasi merupakan hal yang sangat strategis dalam rangka menginformasikan, memberikan pemahaman, pendidikan kepada generasi muda, khsususnya pemilih pemula agar mampu memahami tentang system penyelenggaraan pemilihan umum sekaligus membangkitkan kesadaran akan hak politiknya sebagai warga bangsa dan warga negara, minimal kalua tidak bisa menjadi penyelenggara menjadi peserta,” kata Gus Wafi.

Kemudian dilanjut sambutan dari Ibu Rita Darmawati, S. Sos selaku anggota KPU Kabupaten Jombang Devisi Sosisalisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia. Hematnya Ibu Rita menyampaikan bahwa KPU Goes to Campus adalah salah satu upaya KPU RI dalam meningkatkan pemahaman dan partisipasi pemilih muda, serta mempromosikan nilai-nilai demokrasi di kalangan generasi muda. KPU Goes to Campus adalah sarana belajar demokrasi agar sama-sama mensukseskan Hajat Nasional, Pemilu 2024. Menggunakan pemilihan dengan baik dan benar.

Setelah sambutan-sambutan berjalan dengan lancar dan khidmat. Lalu disambung dengan penampilan Indonesia Menari oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Budaya Unwaha. Tarian ini menggunakan isntrumen yang cukup menarik, bergenre modern kontemporer, yakni menggabungkan antara music tradisional dengan music modern pada zaman ini. Sontak gemuruh dan tepuk tangan mahasiswa menambah kemeriahan acara. Semua mata memandang kesenian luhur yang turun temurun lestari sampai diperagakan dengan baik oleh mahasiswa UKM Unwaha.

“Selain merupakan seni gerak tubuh juga merupakan pengejawantahan dari pemahaman nilai budaya. Gerakan tari yang lemah gemulai mengajarkan seseorang untuk bersabar, bertutur lembut, dan berkonsentrasi tinggi, memadukan gerakan dengan irama,” tutur salah satu mahasiswa UKM seni budaya.

Sebelum pemutaran film dimulai, terdapat sesi tanya jawab dan foto bersama. Seluruh mahasiswa sangat antusias dan penuh semangat dengan pertanyan-pertanyaan kritis yang dilontarkan kepada panitia KPU Kabupaten Jombang. Dengan begitu mereka mendapatkan hadian doorprize menarik dari panitia. Yang diberikan oleh Bapak Dekan dan Bapak Kaprodi sekaligus ucapan terima kasih kepada semua pihak. Dan ditutup dengam foto bersama seluruh peserta acara KPU Goes to Campus dan dilanjut Nonton Bareng film Kejarlah Janji.

“Tanggapan saya terkait dengan kegiatan KPU Goes to Campus sangat baik dan relevan dilakukan, tentunya banyak hal yang kita dapat dari kegiatan tersebut. Saya mengapresiasi baik betul atas terlaksananya kegiatan KPU Goes to Kampus, menurut saya kegiatan tersebut sangatlah penting mengingat Bangsa Indonesia adalah Negara Demokrasi, dan Pemilihan Umum adalah salah satu instrumen demokkrasi yang bertujuan menghasilkan Pemerintahan yang bertugas mengatur, memimpin dan mengayomi bangsa ini.”

Lanjutnya, “mahasiswa memiliki berbagai peran, pertama sebagai pemilih kaum milenial haruslah menggunakan hak suaranya karena jika tidak, secara tidak langsung tidak ikut berkontribusi untuk menentukan jalannya pemerintahan 5 tahun kedepan berdasarkan konteks Demokrasi. Kedua, peran Mahasiswa adalah dapat mengedukasi masyarakat tentang arti pentingnya pemilihan umum bagi kemajuan bangsa kedepanya. Peran mahasiswa yang ketiga adalah mengawal proses pemilu agar dapat berjalan dengan baik. Sosialisasi KPU di Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang, sangat penting untuk menjamin transparansi dan akuntabilitas pemilihan. Saya berharap dengan adanya sosialisasi ini, mahasiswa dapat memahami tata cara pemilihan dan memilih calon yang sesuai dengan harapan mereka. Kegiatan Alhamdulillah berjalan dengan lancar dan mendapat respon positif dari mahasiswa Unwaha yang ikut berpartisipasi. Semoga dengan adanya kegiatan ini, dapat membantu mahasiswa dalam memahami tata cara pemilu dan memilih calon yang tepat.” Pungkas Danur Wenda selaku Presma Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x