Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

KSEI HMP Ekonomi Syariah UNWAHA Meraih “KSEI dengan Akreditasi A (KSEI Berdaya)” di Musyawarah Nasional (MUNAS) Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) 2023

 

Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam menggelar Pembukaan Musyawarah Nasional (MUNAS) XXI pada Senin, 20 November 2023. Munas diadakan di Gedung Sekretariat Asrama Haji Embarkasi Jakarta, Pondok Gede, Jakarta Timur. Tercatat lebih dari 80 peserta perwakilan kampus seluruh Indonesia yang hadir pada acara MUNAS kali ini. MUNAS XXI mengusung tema “Mendorong Pemimpin Berkualitas sebagai Upaya Optimalisasi Rantai Nilai Halal dan Mewujudkan Indonesia menjadi Pusat Ekonomi Syariah Dunia”
Dalam pembukaan MUNAS ini, Chairman of KSEI IsEF Muhammad Azis Sajjad pada sambutannya menyampaikan “MUNAS ini tidak Hanya tempat mencari pemimpin saja, tetapi pemimpin yang dapat memberikan dampak yang bermanfaat bagi sekitarnya”, selanjutnya Presidium Nasional FoSSEI Arya Dwiki Putra diawali menyampaikan sambutan yang sangat menggugah semangat, banyak pencapaian yang ditorehkan FoSSEI tahun ini diantaranya yaitu mendukung gerakan sertifikasi halal dengan menggerakan kader di seluruh Indonesia, literasi dan inklusi pasar modal syariah hingga meningkatkan penyerapan zakat wakaf melalui agenda Wakaf Goes to Campus yang diselenggarakan di berbagai kampus di seluruh Indonesia.

Presidium Nasional FoSSEI juga menyampaikan sambutan dan harapannya, yaitu “Dengan adanya musyawarah nasional ini, presidium nasional selanjutnya dapat memberikan perubahan – perubahan yang signifikan bagi Ekonomi Syariah” Ini dimaksudkan dengan adanya kegiatan kegiatan yang sudah dibuat oleh FoSSEI, presidium nasional selanjutnya dapat memberikan kegiatan – kegiatan yang menunjang perubahan bagi ekonomi syariah. Bapak Fahmi Syahbudin. SEI., MM. sebagai perwakilan STEI SEBI juga ikut mendukung gerakan yang dilakukan FoSSEI dan menyampaikan “Siklus 20 tahun memberikan kejutan kejutan, dan Ini merupakan salah satu konsisten regenerasi” Ini ditunjukan kepada FoSSEI pastinya, “kejutan” ini dimaksud adalah perubahan perubahan yang dibuat oleh Presnas dan Pengurus FoSSEI selanjutnya, serta konsistensi dan eksistensi dari FoSSEI diharapkan Ekonomi Syariah dapat menjadi sebuah solusi bagi permasalahan ekonomi.Munas XXI dibuka dengan pemotongan pita bersama oleh Perwakilan dari Tuan Rumah Munas, STEI SEBI oleh bapak Fahmi Syahbudin SEI., MM. Chairman KSEI IsEF, Ketua Pelaksana, Presidium Nasional FoSSEI, KNEKS, dan Perwakilan Fintech Syariah serta Mitra FoSSEI lainnya, Selanjutnya ada Awarding kepada para mitra FoSSEI dengan pemberian plakat kepada setiap mitra oleh Julius Nurdinsi Utama selaku Presidium Nasional FoSSEI bidang media dan data dan dilanjutkan melakukan Seminar sebagai penguatan literasi ekonomi syariah bagi peserta MUNAS yang hadir.

Kemudian pada akhir acara MUNAS ini terdapat Pembacaan Akreditasi bagi Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) yang ada di Seluruh Indonesia yang diadakan 2 tahun sekali. Alhamdulillah, HMP Ekonomi Syariah dalam kegiatan MUNAS FoSSEI 2023 ini menerima penghargaan dengan Akreditasi A (KSEI Berdaya) dari Presidium Nasional FoSSEI masa amanah 2022-2023. KSEI HMP Ekonomi Syariah UNWAHA berada di peringkat ke-16 dengan Nilai Akreditasi tertinggi se Nasional dengan jumlah 256 KSEI yang tersebar di Indonesia.
Mendengar kabar bahagia tersebut, besar harapan dari beberapa alumni kepada seluruh mahasiswa Ekonomi Syariah agar tidak langsung puas dengan hasil tersebut dan sebagai pacuan agar lebih semangat dalam membawa Ekonomi Syariah ke arah yang lebih baik lagi.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x