Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Kualitas Mutu Perguruan Tinggi Meningkat, UNWAHA Perlu Lakukan Audit Mutu Internal

Jombang – Audit Mutu Internal merupakan proses pengujian yang sistematik, mandiri, dan terdokumentasi untuk memastikan pelaksanaan kegiatan di Perguruan Tinggi sesuai prosedur dan hasilnya telah sesuai dengan standar untuk mencapai tujuan institusi. Dalam hal ini Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (UNWAHA) melalui program asuh oleh STIE Perbanas Surabaya melaksanakan audit mutu internal yang dihadiri oleh direktur PJM dan seluruh dekan-kaprodi selingkung UNWAHA.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut dimulai dengan presentasi perencanaan audit, pelaksanaan audit, praktik audit dokumen, praktik audit lapangan, hingga presentasi hasil audit dari masing-masing program studi. Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya peningkatan kualitas UNWAHA di bidang administrasi dan penjaminan mutu selain peningkatan kualitas di bidang sarana prasarana dan kerjasama luar negeri yang saat ini sedang digalakkan.

Manfaat dilaksanakannya audit mutu internal yaitu meliputi: (1) diperolehnya rekomendasi peningkatan mutu bagi pimpinan perguruan tinggi dalam mengembangkan berbagai program untuk mencapai tujuan perguruan tinggi; (2) mengetahui konsistensi penjabaran kurikulum dan silabus dengan tujuan pendidikan dan kompetensi lulusan yang diharapkan (learning outcome); (3) mengetahui kepatuhan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi proses pembelajaran terhadap manual, prosedur, dan instruksi kerja program studi; (4) mengetahui kecukupan penyediaan sarana prasarana, sumber daya pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat; dan (5) mengurangi resiko yang mungkin terjadi di perguruan tinggi seperti risiko kualitas, hukum, keuangan, strategi, kepatuhan, operasional, dan terutama resiko reputasi.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x