Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Kuliah di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Unwaha Jombang: Tentang, Mata Kuliah, Profil Lulusan

Jombang – Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) adalah salah satu program studi yang berada di bawah naungan Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (Unwaha) Jombang. Prodi ini didirikan pada tahun 2001 berdasarkan SK Mendiknas RI No: 42/D/0/2001, untuk dapat mendukung pelaksanaan pendidikan tinggi di STAI-BU sekarang Unwaha Jombang.

Ketua Program Studi PBA, Rina Dian Rahmawati, M.Pd.I., mengatakan, Prodi PBA hadir untuk memberikan solusi atas permasalahan pembelajaran bahasa Arab. Ini bertujuan untuk mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang berwawasan global dan berkarakter islami.

“Tujuan Prodi PBA yaitu untuk menghasilkan tenaga pendidik yang profesional, berkarakter islami. dan mempunyai kompetensi dalam bidang Bahasa Arab. Selain itu, mereka diharapkan mampu berkembang secara profesional di bidang riset keilmuan bahasa Arab,” tutur Kaprodi PBA tersebut.

Mata Kuliah

Perempuan yang akrab disapa Rina ini mengungkapkan beberapa mata kuliah yang menjadi bahan ajar berdasarkan kurikulum Prodi PBA Unwaha Jombang. Berikut beberapa mata kuliah tersebut:

  • Teori Belajar dan Pembelajaran; mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menerapkan konsep belajar dan pembelajaran. Topik bahasannya meliputi, prinsip dan dasar pengembangan kurikulum, pendekatan dan konsep dasar belajar dan pembelajaran.
  • Desain Pembelajaran Bahasa Arab; matakuliah ini menguatkan pemahaman dan keterampilan mahsiswa dalam pembelajaran bahasa arab.
  • Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab; mahasiswa diharapkan mampu menguasai teori dan praktik tentang desain, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian proses dan sumber-sumber untuk belajar.
  • Ilmu Lughah; topik bahasan dalam mata kuliah ini meliputi pengertian, karakter dan fungsi bahasa, aliran-aliran linguistik arab dan umum.

Profil Lulusan

Kaprodi PBA kepada tim Humas menyampaikan beberapa keterampilan khusus yang akan didapat oleh para lulusan Prodi PBA. Yaitu, lulusan dinilai mampu berbahasa arab (secara lisan dan tulis) sampai ke tingkat lanjut.

“Baik reseptif maupun produktif dalam bentuk komunikasi seperti presentasi satu dan multi arah melalui pembelajaran berbasis tugas, proyek, dan simulasi. Juga mampu memahami referensi ilmiah, kesastraan, kependidikan, dan produktif dalam menulis karya ilmiah,” imbuhnya.

Pengembangan Karir

Berdasarkan profil yang dijelaskan oleh Kaprodi PBA tersebut, maka para lulusan dapat mengembangkan karirnya ke berbagai jenis keprofesian, seperti berikut:

  • Pendidik/Praktisi Pendidikan; Sarjana PBA yang memiliki kompetensi baik secara teoritis dan praktis dalam mendesain, mengimplementasikan, mengorganisasikan, dan mengevaluasi pembelajaran Bahasa Arab.
  • Pengembang Bahan/Media Ajar; Sarjana PBA yang memiliki kompetensi dalam pengembangan bahan ajar dan media pembelajaran Bahasa Arab baik secara teoritis maupun praktis.
  • Penerjemah Bahasa Arab; Sarjana PBA yang memiliki kompetensi dalam menerjemahkan teks-teks maupun kata berbahasa Arab ke dalam Bahasa Indonesia dan sebaliknya.

Bagimana, tertarik kuliah di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Unwaha Jombang?. Buruan, segera daftarkan diri anda dan menjadi bagian dari salah satu Kampus NU terbaik. Informasi selengkapnya untuk pendaftaran mahasiswa baru dapat diakses melalui tautan ini.

  • Red : Ibrahim
  • Editor : Septian Ragil

**) Ikuti konten kreatif terbaru Unwaha Jombang di Instagram klik link ini dan jangan lupa follow.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x