Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Kuliah di Program Studi Pendidikan Fisika Unwaha Jombang: Tentang, Mata Kuliah, dan Profil Lulusan

Jombang – Memiliki kesempatan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi merupakan impian bagi semua orang untuk menggapai cita-cita. Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (Unwaha) Jombang merupakan salah satu penyelenggara pendidikan tinggi yang memiliki banyak pilihan program studi, salah satunya adalah Pendidikan Fisika.

Jika kalian memiliki minat dan ketertarikan besar di dalam dunia pendidikan dan fisika, program studi ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Hal ini disampaikan oleh Ketua Program Studi Pendidikan Fisika, Suci Prihatiningtyas, M.Pd.

Beliau menjelaskan, dalam program studi ini mahasiswa akan diberikan sistem pembelajaran yang ditekankan pada perpaduan ilmu fisika dan ilmu pendidikan. Berdasarkan hal ini, maka terdapat dua keterampilan yang akan diperoleh oleh mahasiswa program studi Pendidikan Fisika.

“Pertama adalah keterampilan umum, salah satunya yaitu mahasiswa mampu melakukan penalaran secara logis dan mengimplementasikan ilmu pengetahuan dengan memperhatikan bidang pendidikan fisika. Kedua adalah keterampilan khusus, mahasiswa mampu melakukan manajemen pembelajaran fisika dengan memanfaatkan sumber belajar terkini,” ungkapnya.

Mata Kuliah Program Studi Pendidikan Fisika

Jika masih bingung dengan program studi yang satu ini, Suci Prihatiningtyas, M.Pd., menyampaikan beberapa mata kuliah yang akan diajarkan berdasarkan jenis kajian.

  • Kajian Ilmu Fisika; Fisika Dasar I , II, & III, Kalkulus I & II, Kimia Dasar, Biologi Dasar, Fisika Matematika I & II, Gelombang & Optik, dan lain sebagainya.
  • Kajian Ilmu Pendidikan; Pengantar Ilmu Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran, Strategi Belajar Mengajar, Profesi Pendidikan.
  • Pembelajaran Fisika; Fisika Sekolah I & II, Pengembangan Media Pembelajaran, Perencanaan Desain pembelajaran, Keterampilan Dasar Mengajar.

Hal yang Perlu Dipersiapkan saat Kuliah di Program Studi Pendidikan Fisika. 

Sebelum memilih jurusan ini, kalian harus memastikan terlebih dulu jika kalian memiliki minat dan ketertarikan besar di bidang Sains. Pasalnya, keilmuan dan keahlian yang diselenggarakan selama proses perkuliahan berkaitan dengan bidang serumpun (Sains) meliputi, Kimia, Biologi, dan Aplikasi IPTEKS (TIK dan Media).

Profil Lulusan dan Prospek Karir Sarjana Pendidikan Fisika.

Ketua Program Studi Pendidikan Fisika, Suci Prihatiningtyas, M.Pd. menjelaskan bahwa secara luas para lulusan bisa berkecimpung  di dunia pendidikan dan ahli fisika.

  • Pendidik Fisika; lulusan dinilai mampu mengkaji dan menerapkan metode pembelajaran inovatif. Mampu membimbing siswa dengan memberikan pijakan, alternatif solusi, dan feedback untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.
  • Pengembang Bahan Ajar Fisika; mampu mengambil keputusan strategis terhadap masalah mutu, relevansi dan akses di bidang pendidikan dalam penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya.
  • Peneliti Pendidikan Fisika; lulusan mampu melakukan penelitian pendidikan fisika dalam bentuk pengkajian dan evaluasi pembelajaran fisika dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk memecahkan permasalahan pembelajaran fisika dan dilaporkan dalam bentuk artikel ilmiah.

Sebagai informasi tambahan, program studi Pendidikan Fisika di Unwaha Jombang telah terakreditasi “Baik Sekali” berdasarkan SK yang diterbitkan Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) No. 205/SK/LAMDIK/Ak/S/III/2024.

Bagimana? tertarik kuliah di program studi Pendidikan Fisika Unwaha Jombang?. Buruan, segera daftarkan diri anda dan menjadi bagian dari salah satu Kampus NU terbaik. Informasi selengkapnya untuk pendaftaran mahasiswa baru dapat diakses melalui tautan ini.

  • Red : Ibrahim
  • Editor : Septian Ragil

**) Ikuti konten kreatif terbaru Unwaha Jombang di Instagram klik link ini dan jangan lupa follow.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x