Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Mengenal Lebih Dekat dengan Program Studi Rekayasa Pertanian dan Biosistem Unwaha Jombang

Jombang – Porgram Studi Rekayasa Pertanian dan Biosistem Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (Unwaha) Jombang merupakan salah satu Program studi yang berada di bawah naungan Fakultas Pertanian.

Ketua Program Studi Rekayasa Pertanian dan Biosistem, Canggih Nailil Maghfiroh, M.P. mengatakan, Program Studi ini dibangun dengan landasan sains hayati dan mengkombinasikan ilmu pertanian dengan prinsip rekayasa biosistem.

“Di dalamnya mempelajari interdisiplin ilmu pertanian dan teknologi yang bertujuan untuk menciptakan Sumber Daya Manusia unggul di bidang tersebut. Lulusan diharapkan menjadi problem solver atas segala permasalahan yang dihadapi di sektor pertanian untuk menghasilkan sistem pertanian yang berkelanjutan,” kata Canggih.

Tujuan Program Studi Rekayasa Pertanian dan Biosistem.

Dalam proses penyelenggaraan pendidikan, Program Studi ini memiliki beberapa tujuan. Pengembangan yang dilakukan diharapkan mampu melayani kebutuhan di bidang energi pertanian, sumber daya alam (tanah, air, dan ekosistem).

“Selain itu, mahasiswa mampu terlibat dalam pengembangan pembelajaran dan keprofesian di bidang pertanian. Di mana mereka mampu menerapkan prinsip-prinsip rekayasa yang fundamental meliputi ilmu-ilmu sains, seperti matematika, fisika, dan biologi,” lanjut Ketua Prodi Rekayasa Pertanian dan Biosistem ini.

Bidang Kajian

Mungkin beberapa calon mahasiswa atau kalian masih asing dengan program studi atau jurusan yang satu ini. Canggih Nailil Maghfiroh, M.P menyebutkan, terdapat beberapa mata kuliah yang menjadi bidang kajian selam proses perkuliahan di Program Studi Rekayasa Pertanian dan Biosistem.

“Sebagai bekal untuk masuk di Prodi (Program Studi) ini, mungkin adik-adik calon mahasiswa perlu mereview kembali mata pelajaran di SMA sederajat, seperti matematika, fisika, dan biologi. Namun yang terpenting adalah kalian memiliki minat di bidang pertanian dan teknologi,” pesan wanita yang akrab disapa Canggih ini.

Kepada tim Humas, Canggih membeberkan beberapa mata kuliah yang akan diajarkan di Program Studi Rekayasa Pertanian dan Biosistem. Berdesarkan jenisnya, yaitu sebagai berikut:

  • Wajib Prodi; Kimia Dasar, Fisika Dasar, Dasar Biosistem, Matematika, Ilmu Lingkungan, Pengantar Rekayasa dan Desain 1 & 2, Genetika Pertanian, dan lain sebagainya.
  • Wajib Fakultas; Pengantar Ilmu Pertanian, Statistika, Metode Ilmiah, Etika Profesi.
  • Wasjib Universitas; Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kewarganegaraan, Aswaja, Filsiafat Ilmu, Kewirausahaan.

Profil Lulusan Program Studi Rekayasa Pertanian dan Biosistem.

Lulusan Program Studi Rekayasa Pertanian dan Biosistem Unwaha Jombang dinilai mampu dalam pengembangan keprofesiaan di bidang pertanian. Adapun profil lulusan Program Studi Rekayasa Pertanian dan Biosistem seperti berikut:

  • Peneliti, lulusan mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi, dan analisis masalah rekayasa di bidang pemanfaatan teknologi dalam sistem pertanian.
  • Pelaku bisnis di bidang rekayasa pertanian, dapat mengembangkan produk-produk pertanian serta memperoleh manfaat yang berkelanjutan.
  • Konsultan, mampu merumuskan alternatif solusi untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks di bidang pemanfaatan rekayasa dan teknologi di bidang pertanian.

Prospek Karir Program Studi Rekayasa Pertanian dan Biosistem.

Prospek karir lulusan di bidang pertanian memiliki peluang yang sangat luas. Mengingat Indonesia merupakan negara agraris serta memiliki sektor pertanian yang sangat besar. Ini menjadi satu set peluang yang dimiliki oleh para lulusan untuk mengembangkan karir. Berikut lokus pekerjaan yang secara khusus dapat menampung para lulusan:

  1. Instansi Pemerintah (Departemen atau Dinas yang membidangi pertanian dan lingkungan).
  2. Industri Pertanian.
  3. Wiraswasta yang bergerak di bidang layanan dan penyedia produk pertanian.
  4. Lembaga Penelitian.
  5. Lembaga Pendidikan.
  6. Lembaga Swadaya Masyarakat (Yang memiliki konsentrasi di bidang pertanian dan lingkungan).

Bagimana? tertarik kuliah di program studi Rekayasa Pertanian dan Biosistem Unwaha Jombang?. Buruan, segera daftarkan diri anda dan menjadi bagian dari salah satu Kampus NU terbaik. Informasi selengkapnya untuk pendaftaran mahasiswa baru dapat diakses melalui tautan ini.

  • Red : Ibrahim
  • Editor : Septian Ragil

**) Ikuti konten kreatif terbaru Unwaha Jombang di Instagram klik link ini dan jangan lupa follow.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x