Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Menjadi Muslimah yang Mandiri dan Berdaya Dalam Berbagai Aspek Kehidupan

Jombang – Departemen Srikandi KSEI Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah (HMP-ES) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (Unwaha) Jombang menggelar Forum Kajian Offline (FKO), di Gedung Jokowi, Kamis (16/5/2024).

Program kerja yang digelar secara rutin dua bulan sekali ini menghadirkan ibu Ashlihah, S.E., M.M. sebagai pemateri. Adapun tema kajian kali ini adalah “Menjadi Muslimah yang Mandiri dan Berdaya dalam Berbagai Aspek Kehidupan”.

“Seorang muslimah sejati adalah mereka yang senantiasa melaksanakan tiap perintah Allah SWT,” kata ibu Ashliha.

Di dalam ajaran Islam sendiri, perempuan diposisikan pada tempat yang mulia. Tidak ada dikotomi atau diskriminasi peran antara laki-laki dan perempuan.

“Bahkan Islam memandang laki-laki dan perempuan seperti halnya yang dinyatakan dalam Al-Qur’an yakni sebagai ba’dhukum min ba’dh (sebagian kamu dari sebagian yang lain),” imbuhnya.

Kaprodi Ekonomi Syariah, Ashlihah, S.E., M.M., saat menyampaikan materi kajian. (Foto: Istimewa).

Selain itu, kemandirian seorang perempuan juga diajurkan di dalam Al-Qur’an. Citra seorang perempuan sejati dicirikan memiliki kemandirian, memiliki hak berpolitik, dan selalu kritis terhadap apa yang dihadapinya.

“Hal tersebut sudah ada sejak pada zaman Nabi Muhammad SAW, misalnya Ibunda Khadijah binti Khuwailid, Qilat Ummi Bani Anmar, dan Zainab binti Jahsy. Beliau-beliau tersebut tercatat sebagai perempuan yang sukses,” lanjut Kaprodi Ekonomi Syariah Unwaha Jombang.

Terakhir, beliau berharap dengan digelarnya forum kajian Srikandi ini dapat meningkatkan kemandirian dan pengetahuan seorang muslimah dalam hal ini para peserta kajian.

Red : Ibrahim
Editor : Septian Ragil

**) Ikuti konten kreatif terbaru Unwaha Jombang di Instagram klik link ini dan jangan lupa follow.

5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x