Logo

Berita

Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Berwawasan global dan berkarakter Islami

Jombang – Pengamalan ilmu pengetahuan, pengabdian dan professional kerja bukan dimulai sejak diberikannya gelar sarjana, namun dimulai sejak program kuliah kerja nyata (KKN) pagi ini, demikian disampaikan KH. Dr. Muhyidin Zainual.Arifin, M.M. selaku Wakil Rektor bidang kemahasiswaaan Universitas KH. A. Wahab Hasbullah, dalam sambutan upacara pelepasan KKN angkatan 2016 yang berlangsung di halaman utama UNWAHA (01/7). Program KKN pada umumnya bertujuan untuk meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa, menanamkan nilai kepribadian:, kemandirian, kepemimpinan dan kewirausahaan, menanamkan jiwa  pengabdian kepada masyarakat. Mahasiswa dituntut mampu membangun sinergi berbagai elemen masyarakat, antara lain: masyarakat/organisasi masyarakat, tokoh masyarakat, pemerintah daerah dan SKPD tingkat I dan II, pelaku usaha, pemerintah daerah tingkat kecamatan sampai dusun yang berpartisipasi sebagai narasumber dan mitra KKN.

Secara khusus, Ketua LPPM UNWAHA juga menyampaikan harapannya kepada mahasiswa KKN yang akan berlangsung selama 2 bulan untuk dapat menjadi sumber inspirasi bagi masyarakat, motivator bagi anak-anak, serta dapat menyampaikan bahwa pendidikan merupakan salah satu dalam upaya peningkatan kualitas kehidupan masyarakat. Menurutnya ini merupakan tantangan bagi mahasiswa peserta KKN yang terbagi dalam 8 kelompok tiap desa di Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang.

Sebanyak 25 mahasiswa lintas fakultas dalam satu kelompok KKN melakukan survei bersama untuk melihat permasalahan yang ada di desa lokasi KKN dan berusaha sekuat tenaga dan fikiran dalam membantu permasalahan tersebut yang tentunya dengan dukungan masyarakat. Heterogen latar belakang mahasiswa dalam satu kelompok diharapkan mereka dapat bekerja dengan solid dan benar-benar mengimplementasikan kemampuan mereka sesuai bidang keilmuannya sehingga mahasiswa akan memahami betul bagaimana penerapan ilmu pengetahuan yang mereka peroleh untuk masyarakat.

Melalui sambutannya, beliau atas mewakili segenap civitas akademik UNWAHA menghimbau kepada mahasiswa agar dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, sehingga mampu terbentuknya suasana yang berbeda dari sebelumnya, yakni menuju lebih baik.“Selain pengalaman berinteraksi dengan masyarakat, kalian bisa membuat nuansa baru di desa tersebut menjadi lebih baik. Kalian berkesempatan membuat hal baru sesuai dengan bidang keilmuan yang telah diperoleh di kampus tercinta ini”, tandas Wakil Rektor bidang kemahasiswaaan sekaligus Pengasuh PP. Al-Fatich Bahrul Ulum.

Upacara pelepasan juga dihadiri oleh dosen pembimbing lapangan, Ketua LPPM, dan Dekan Fakultas selingkung UNWAHA. Dengan bersama-sama membaca doa, mahasiswa peserta KKN telah resmi dilepaskan untuk berangkat ke lokasinya masing-masing.



Komentar


blog comments powered by Disqus
    • Statistik Pengunjung
    • Browser :
    • Operating System : Unknown Platform
    • Server process time: 0.0345 secs.