Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Politik Sarungan: Jalan Moderasi Politik KH. A. Wahab Hasbullah

Jombang – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI menggelar Talkshow Santri Ngaji Politik, di Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (Unwaha) Jombang, di Aula Gedung F, Senin (3/6/2024). Adapun tema kegiatan ini adalah Politik Sarungan: Jalan Moderasi Politik KH. A. Wahab Hasbullah.

Deputi I Bidang Pemberdayaan Pemuda, Prof. Dr. H.M. Asrorun Ni’am Sholeh, M.A. mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan pemuda dalam di bidang politik, khususnya para mahasiswa dan santri. Program ini dirancang khusus untuk memberikan edukasi perihal pengarus utamaan nilai-nilai santri dalam berpolitik.

“Acara ini bagian dari ikhtiar Kemenpora untuk mendorong partisipasi lebih dini anak muda di dalam ruang sosial politik. Aktivitas politik itu adalah bagian dari denyut nadi kehidupan sehari-hari kita. Apabila seorang santri menjauh dari partisipasi politik, maka arah politik akan jauh dari politik kesantrian,” tutur Prof. Ni’am dalam sambutannya.

Deputi I Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, Prof. Dr. H. M. Asrorun Ni’am Sholeh, M.A., saat menyampaikan sambutannya. (Foto: Humas)

Beliau juga menuturkan, sosok KH. A. Wahab Hasbullah merupakan role model yang mengejawantahkan peran politik kebangsaan tanpa menanggalkan identitas kesantrian. Salah satu identitas politik kiai atau santri adalah semangat Tawazzun.

Nilai tersebut menjadi modal sosial bagi KH. A. Wahab Hasbullah dalam berpolitik. Identitas politik Tawazzun tersebut adalah keseimbangan antara dimensi duniawi dengan ukhrawi, hubungan agama dan negara.

“Hal-hal ini yang berhasil diterjemahkan dengan baik oleh KH. A. Wahab Hasbullah. Harapannya, dengan kegiatan ini, kita bisa melandasi sisi politik kiai yang diteladani oleh beliau,  sebagai anak muda perlu menginternalisasikan dan mengejawantahkan spirit politik santri untuk kemaslahatan,” pungkasnya.

Sementara itu, Rektor Unwaha Jombang, Prof. Dr. Ir. H. Gatot Ciptadi, DESS, IPU, ASEAN Eng. juga berharap, melalui kegiatan ini para santri khususnya mahasiswa Unwaha Jombang dapat mengambil pelajaran dari perjuangan KH. A. Wahab Hasbullah.

“Mari kita jadikan momentum ini sebagai langkah awal untuk meningkatkan peran santri dalam pembangunan bangsa dan mewujudkan Indonesia yang lebih baik, adil dan makmur,” pesan beliau.

Rektor Unwaha Jombang, Prof. Dr. Ir. H. Gatot Ciptadi, DESS, IPU, ASEAN Eng., saat menyampaikan sambutannya. (Foto: Humas)

Dilanjut dengan sesi talkshow, bertugas sebagai moderator, Bpk. Rohmat Hidayat, S.S., M.Pd. memandu acara dengan khidmat bersama kedua pemateri. Yaitu, Prof. H. Kacung Marijan, Drs., M.A., Ph.D. dan Ahmad Udi Masykuri, M.Pd.I.

Prosesi talkshow Santri Ngaji Politik. (Foto: Humas).

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Bahrul Ulum (YPTBU), Ibu Hj. Hizbiyah Rochim Wahab, M.A. Asisten Deputi Wawasan Pemuda, Drs. Edi Nur Indah Susila, M.Si.

Pimpinan YPTBU dan jajaran Rektorat Unwaha Jombang, bersama dengan pemateri. (Foto: Humas)

Red: Ibrahim.
Editor: Septian Ragil.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x