Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Sosialisasi Anti Kekerasan Seksual di Lingkungan Kampus Kepada Mahasiswa Baru

Jombang – Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (Unwaha) Jombang sosialisasikan anti kekerasan seksual kepada mahasiswa baru.

Sosialisasi tersebut disampaikan saat Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di hari pertama, Minggu (23/6/2024) kemarin, di Aula Gedung F.

Ketua Satgas PPKS Unwaha Jombang, Rohmat Hidayat, S.S., M.Pd., secara langsung menyampaikan materi tentang pentingnya pencegahan dan upaya penanganan kekerasan seksual di lingkungan kampus.

“Satgas PPKS merupakan salah satu unit yang kebaradaannya sangat urgent. Mengingat kasus kekerasan seksual yang ada di lingkungan pendidikan khususnya kampus sering kita temui,” kata beliau saat menyampaikan materi.

Terdapat beberapa poin yang beliau sampaikan pada sosialisasi tersebut. Seperti definisi dan jenis-jenis kekerasan seksual itu sendiri.

“Secara umum (kekerasan seksual, red) diidentifikasikan sebagai kegiatan fisik saja, padahal realitanya mencakup hal yang luas. Ada yang sifatnya non-fisik atau non-verbal,” jelasnya.

Di akhir, beliau berharap dengan sosialisasi Satgas PPKS tersebut dapat menjadi modal dasar bagi mahasiswa baru untuk mengenali tindakan kekerasan seksual.

“Anda dapat berkonsultasi kepada kami, berdasarkan peraturan dan SOP kami privasi pelapor akan kita jaga. Karena PPKS itu orientasinya adalah bagaimana merawat dan mendampingi korban,” pesan beliau.

Red: Ibrahim.
Editor: Septian Ragil.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x