Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Undang Owner Coffee Lab, BEM Faperta Gelar Pelatihan Barista

Jombang – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (Unwaha) Jombang menggelar Pelatihan Barista, di Aula Gedung F, Selasa (25/6/2024). Workshop yang diinisiasi oleh Departemen Bisnis dan Kewirausahaan BEM Faperta ini menghadirkan salah satu owner coffee lab ternama di Kabupaten Jombang “Sumber Wandhe”, yaitu Mochamad Shobari Karim.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. M. Wafiyul Ahdi, S.H., M.Pd.I. Dalam sambutannya, beliau mendukung penuh acara yang dilakukan oleh BEM Faperta ini.

“Dengan kegiatan ini, tentu bisa menambah sumber daya manusia yang menyukai apa saja tentang kopi. Selain itu, kita bersama-sama belajar bagaimana dalam berwirausaha yang baik dan tentunya akan dimentori langsung oleh ahlinya,” seru pria yang akrab disapa Gus Wafi ini.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. M. Wafiyul Ahdi, S.H., M.Pd.I., saat memberikan sambutan dan membuka acara. (Foto: BEM Faperta)

Mewakili Dekan Faperta, Kaprodi Agroekoteknologi, Mohamad Nasirudin, S.Si., M.Ling., berharap, para peserta nantinya dapat mengembangkan kreativitas dan keterampilan dalam penyajian kopi.

“Pelatihan ini tidak hanya memberikan manfaat dalam pengembangan kretivitas saja, tetapi juga memperkuat pertumbuhan industri kopi. Di mana harapannya dapat mendukung pertumbuhan sektor ekonomi mikro,” ucapnya.

Sementara itu, ketua BEM Faperta, Siti Aisyatul Masruroh mengungkapkan, kegiatan tersebut dibuka untuk umum. Hal ini bertujuan memberikan kesempatan bagi siapapun untuk belajar dalam menyajikan kopi dengan baik dan berkualitas.

“Alhamdulillah kegiatannya berjalan dengan lancar, dan sekitar 50 peserta mengikuti pelatihan ini dengan antusias,” ujar mahasiswi yang akrab disapa Sasa, saat dimintai keterangan.

 Pelatihan Barista

Mochamad Shobari Karim yang merupakan pemilik Sumber Wandhe Coffee Lab adalah pria yang memiliki pengetahuan lebih tentang kopi. Berbagai aspek terkait kopi ia pelajari secara mendalam, termasuk proses pembuatan (pemilihan biji kopi, roasting, hingga penyeduhan atau brewing), inovasi produk, dan kualitas.

Owner Sumber Wandhe, Mochamad Shobari Karim, saat mengisi Workshop Pelatihan Barista. (Foto: BEM Faperta)

Hal ini terlihat saat ia memandu para peserta saat Pelatihan Barista berlangsung. Para peserta diajarkan dan dikenalkan dengan berbagai jenis biji kopi dan peralatan dalam menyajikan kopi, cara pembuatan kopi dengan grinder elektrik maupun manual, seni menyajikan kopi seperti latte art, dan masih banyak lagi.

Peserta diajarkan secara langsung dalam menyajikan kopi dengan berbagai teknik. (Foto: BEM Faperta)

Red: Ibrahim
Editor: Septian Ragil

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x