Logo

Berita

Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Berwawasan global dan berkarakter Islami

Jombang - Memasuki era revolusi industri menjadikan sistem informasi menjadi kebutuhan vital saat ini, tak terkecuali para pengguna jalan. Tercatat di kabupaten Jombang, angka kecelakaan lalu lintas menduduki peringkat pertama di jawa timur yaitu sebanyak 104 kejadian, 10 korban meninggal dunia, dan 128 luka berat/ringan dengan total kerugian material mencapai Rp. 173 juta. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas salah satunya adalah daerah atau medan jalan yang merupakan daerah rawan kecelakaan (jalur tengkorak). Hal ini menjadi permasalahan bagi unit laka lantas polres Jombang dalam menghimpun data kecelakaan lalu lintas yang masih bersifat konvensional.

Permasalahan ini menjadi inspirasi bagi Novia Anggraini, mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (UNWAHA) dalam menyusun skripsi. Bersama kedua dosen pembimbingnya, Ibu Siti Sufaidah, S.Kom., M.Si., dan Bapak Anshori Aris, M.Kom., ia merancang sebuah sistem informasi geografis berbasis android yang menyajikan informasi titik daerah rawan laka dan notifikasi pengguna ketika memasuki radius titik rawan kecelakaan. “Aplikasi ini dapat diakses oleh masyarakat, sehingga daerah rawan kecelakaan lalu lintas dapat dipetakan secara digital dan real time. tak hanya itu, pengguna juga mendapatkan pemberitahuan ketika memasuki radius lokasi rawan laka”, terang mahasiswa yang akan diwisuda tahun ini.

Terciptanya aplikasi ini mendapatkan apresiasi dari unit laka lantas polres Jombang.  Hal ini ditindaklanjuti dalam Acara “serah terima hibah software pemetaan daerah rawan kecelakaan berbasis android oleh FTI UNWAHA kepada Polres Jombang”. Acara serah terima ini secara simbolis diberikan bersama Wakil rektor bidang kemahasiswaan, Kabiro akademik, dan kaprodi teknik informatika kepada perwakilan polres Jombang. Melalui serah terima ini diharapkan kerjasama yang telah terjalin antara Polres dan UNWAHA dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dalam menyampaikan informasi dan antisipasi terkait kecelakaan lalu lintas di kabupaten Jombang.



Komentar


blog comments powered by Disqus
    • Statistik Pengunjung
    • Browser :
    • Operating System : Unknown Platform
    • Server process time: 0.0375 secs.