Logo

Artikel

Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Berwawasan global dan berkarakter Islami

Setiap muslim, pasti akan berada dan melalui masa baligh atau akil baligh. Baligh ini merupakan fase di saat tubuh berkembang dari anak-anak menjadi remaja atau dalam istilah umumnya adalah masa pubertas. Masa pubertas ini, dalam dunia sains, merupakan masa seseorang mengalami beberapa perubahan pada tubuhnya, entah fisik ataupun psikis. Sedangkan di dalam islam, seseorang yang sudah mengalami baligh, di dalam ilmu fiqih artinya, orang tersebut telah dibebani beberapa hukum syara'.

Dari tuntutan hukum tersebut, seorang yang telah baligh, dinamakan mukallaf. Jika mengutip pada situs resmi NU atau Nahdlatu' Ulama, tidak semua orang yang baligh bisa disebut Mukallaf, karena ada beberapa orang baligh yang tidak dibebankan beberapa hukum syara', seperti contoh, seseorang yang hilang akalnya atau orang gila.

Oleh karenanya, kemudian muncul istilah Aqil Baligh, yang mana artinya orang tersebut telah mencapai baligh dan berakal sehat dalam artian dapat membedakan mana yang benar mana yang salah.

Orang yang telah aqil baligh inilah yang kemudian dibebankan hukum syara'.

Di dalam islam ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui setelah baligh. Berikut ini akan disampaikan 5 hal yang harus diketahui oleh umat islam yang sudah baligh. Untuk Anda yang mungkin masih bingung mengenai hal apa saja yang harus dilakukan setelah baligh, penjelasan berikut ini bisa Anda simak.

5 Hal yang Harus Diketahui Oleh Umat Islam yang Sudah Baligh

Tak jarang, banyak orang Islam yang belum atau kurang paham mengenai apa yang harus mereka lakukan ketika sudah baligh. Padahal muslim yang sudah balik, dibebankan beberapa hukum syara' yabg sifatnya wajib dilalukan.

Untuk Anda yang belum mengetahui apa yang wajib Anda lakukan ketika sudah baligh, berikut kami akan uraikan.

1. Wajib Melakukan Hukum Syariat

Seorang muslim yang telah baligh wajib melaksanakan hukum syariat islam yakni, melakukan perkara-perkara yang diperintahkan oleh Allah, dan menjauhi perkara yang dilarang oleh Allah.

2. Wajib Salat 5 Waktu

Salat 5 waktu memang sejatinya sudah harus diajarkan sejak dini. Tapi, Anda tentu tahu, bahwa, pada tahap anak-anak, mereka sering kali melewatkan salat. Maka dari itu, jika Anda atau anak Anda sudah baligh, salat 5 waktu wajib hukumnya. Jika salat 5 waktu ini terlewat, maka dosa besar yang akan didapat.

3. Melaksanakan Puasa Ramadan

Puasa ramadan adalah salah satu dari rukun islam. Rukun islam yang satu ini, wajib hukumnya ditunaikan oleh orang muslim ketika ramadan. Terlebih mereka yang sudah baligh. Setiap muslim yang baligh, wajib yang namanya menunaikan ibadah puasa ramadan.

4. Zakat dan Haji

Bagi Anda atau anak Anda yang sudah baligh, wajib hukumnya menunaikan Zakat. Karena ini termasuk perkara yang diwajibkan oleh Allah.

Untuk Haji sendiri, wajib bagi muslim baligh yang mampu.

5. Menutup Aurat

Hal yang harus diketahui oleh umat Islam sesudah baligh yang terakhir adalah menutup aurat. Ini merupakan salah satu tuntutan dari Allah yang wajib dilakukan oleh mereka yang sudah baligh. Menutup aurat merupakan salah satu upaya untuk menjauhkan diri dari hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk wanita, aurat yang harus ditutup adalah seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan. Untuk laki-laki, mulai dari pusar hingga mata kaki.

Demikian ulasan mengenai 5 Hal yang harus diketahui oleh umat Islam sesudah baligh. Semoga bermanfaat.



Komentar


blog comments powered by Disqus
    • Statistik Pengunjung
    • Browser :
    • Operating System : Unknown Platform
    • Server process time: 0.0393 secs.