Logo

Artikel

Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Berwawasan global dan berkarakter Islami

Salat merupakan bagian terpenting dalam ibadah orang Islam. Salat juga merupakan amalan manusia yang paling pertama dihisab oleh Allah. Sehingga perintah untuk menegakkan salat begitu gencar dikatakan oleh Allah. Tanpa Salat, status sebagai orang muslim bisa dikatakan dipertanyakan kesahihannya. Karena, bagaimanapun kondisinya, jika masih sanggup salat, maka salatlah. Bahkan Allah memberikan kemudahan-kemudahan bagi umatnya dalam melakukan salat.

Salat, bisa dilakukan sendiri ataupun berjamaah, duduk, berdiri, bahkan terbaringpun sah-sah saja jika ada kendala tertentu yang mengharuskan muslim salat dengan keadaan tertentu.

Tapi, Allah selalu menganjurkan umatnya, untuk salat berjamaah. Karena salat ini merupakan peningkatan dari salat munfarid atau salat sendiri.

Pahala yang dijanjikan Allah pada saat salat berjamaah juga lebih besar, terlebih jika dilakukan dimasjid.

Secara syariat, salat berjamaah adalah salat yang dilakukan bersama-sama lebih dari satu orang.

Kenapa salat berjamaah ini sangat dianjurkan oleh Allah? Karena ada beberapa keutamaan salat berjamaah yang akan Anda dapat jika Anda melaksanakannya.

Apa saja keutamaan salat berjamaah?

Berikut ini akan diuraikan 5 keutamaan sholat berjamaah yang muslim harus ketahui!

5 Keutamaan Sholat Berjamaah

Mengenai keutamaan salat berjamaah, Nabi Muhammad  SAW memiliki ketetapan dalam ukuran kelipatan, kemudahan, jumlah yang berjamaah, dan hingga jarak yang ditempuh oleh seorang muslim menuju tempat berjamaah pun dinilai sebagai pahala serta keutamaan dari semua pekerjaan yang melancarkan juga mengkhusyukan salat berjamaah yang ditunaikan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada 5 keutamaan salat berjamaah.

1. Menjadi Syiar Bagi Masyarakat

Keutamaan salat berjamaah yang pertama adalah, bisa bersilaturahmi dan bercengkrama dengan orang muslim yang lainnya. Keutamaan ini akan lebih baik jika Anda lakukan salat berjamaah di masjid.

Perlu Anda ketahui, bahwa, salat berjamaah bisa dikatakan sebagai lembaga pendidikan yang sangat besar manfaatnya. Kenapa bisa dikatakan sebagai lembaga pendidikan? Karena jika Anda berkumpul dengan orang-orang saleh, maka Anda akan memiliki tradisi yang sama seperti orang-orang saleh tersebut. Salah satu pengajaran yang didapat dari orang saleh tersebut adalah, memiliki tanggung jawab besar terhadap Allah SWT.

2. Meningkatkan Kualitas Salat

Keutamaan yang kedua adalah, salat berjamaah dapat meningkatkan kualitas salat Anda dan kita semua. Kualitas salat, ada dua tahap, yakni sahnya salat dan diterimanya salat. Menurut Nabi Muhammad SAW dalam HR. Ahmad dari ibnu umar, beliau bersabda : "Barang siapa membeli baju dengan hatga 10 dirham, sedangkan di dalamnya terdapat 1 dirham uang haram, maka Allah tidak akan menerima salatnya selama mengenakan baju tersebut."

Di dalam hadis riwayat Ahmad, At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Al Darimi, Rasullulah bersabda, "Barang siapa yang meneguk Khmar (minuman keras) maka salatnya dalam 40 hari tidak akan diterima."

3. Pahala Lebih Besar

Keutamaan selanjutnya adalah salat berjamaah memiliki derajat pahala yang lebih tinggi dari pada salat sendirian.

Di dalam Hadist Riwayat Bukhari disebutkan, "salat berjamaah melampaui salat sendirian dengan mendapatkan 27 derajat pahala,"

Jadi, perbandingan pahala salat berjamaah dan sendirian cukup jauh, karena salat sendirian, Anda hanya akan dapat pahala 1 derajat, sedang berjamaah Anda akan mendapatkan pahala 27 derajat, allahualam.

4. Dijauhkan Dari Sifat Munafik

Keutamaan selanjutnya adalah, dijauhkan dari sifat munafik. Karena di antara kumpulan orang munafik adalah orang yang bermalas-malasan dalam melaksanakan salat.

5. Diampuni Dosanya Oleh Allah

Keutamaan yang selanjutnya adalah diampuni dosanya oleh Allah. Seperi sabda Nabi Muhammad SAW, "Jika imam mengucapkan 'Ghoiril maghdhubi 'alaihim waladholliin", maka ucapkanlah 'aamiin'. Karena sesungguhnya siapaun yang mengucap bersamaan dengan malaikat, maka dosa-dosanya diampuni."

Itulah ulasan mengenai 5 kautaman salat berjamaah, semoga bermanfat!



Komentar


blog comments powered by Disqus
    • Statistik Pengunjung
    • Browser :
    • Operating System : Unknown Platform
    • Server process time: 0.0473 secs.