Logo

Berita

Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Berwawasan global dan berkarakter Islami

Jombang - Sebagai mahasiswa sudah semestinya turut berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat. Tingkat partisipasi mahasiswa Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (UNWAHA) di Masyarakat dapat dikatakan cukup tinggi. Hal ini dapat dilihat dari beberapa kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa UNWAHA salah satunya yaitu Anugerah Kreativitas dan Inovasi (Krenova) Masyarakat Jombang 2019. Kegiatan bertajuk lomba yang diselenggarakan oleh Bappeda Pemkab Jombang dengan tema "Mewujudkan Jombang Berkarakter dan Berdaya Saing melalui Kreativitas dan Inovasi Masyarakat di Bidang Agribisnis” telah menyisakan 18 proposal yang dinyatakan lolos mengikuti tahapan seleksi berikutnya, yaitu kunjungan lapangan (fact finding) untuk presentasi dan penilaian salah satunya adalah mahasiswa UNWAHA. Ide tersebut muncul ketika mahasiswa tengah menjalani masa KKN di Desa Kebondalem Kecamatan Bareng selama 2 bulan. Atas bimbingan Bapak Rohmat Hidayat, M.Pd., Karya dengan judul “Tali Arum: Inovasi Pemanfaatan Minyak Goreng Bekas Pakai (Jelantah  sebagai pengharum ruangan)”.

Apa itu Tali Arum?, Tali Arum ialah inovasi pengharum ruangan yang bisa digunakan dengan varian aroma, mulai dari aroma produk yang ekonomis yakni dari extrak tumbuhan, parfum, atau extrak aroma lain bisa di pakai, selain itu juga bisa ditambahkan dengan wangi wangian aroma terapi seperti sereh, jahe, yang menenangkan dan baik untuk kesehatan. Inovasi dengan bahan utama Limbah minyak goreng (jelantah) dengan tambahan Jelly Powder, Lilin, Pengawet (garam), Pewarna makanan, dan Ampas tebu ternyata berhasil memukai tim penilai Krenova 2019.

Salah satu mahasiswa yang sedang duduk di semester VI saat ditanya tim penilai (6/9) menyimpulkan bahwa Tali Arum dapat mengatasi permasalahan limbah minyak goreng yang dialami oleh para pengusaha kerupuk kulit dan warga sekitar. Manfaat lain adalah memberdayakan para ibu PKK dalam kegiatan yang bermanfaat yaitu pengolahan minyak goreng bekas pakai (minyak jelantah). “Selain itu, Tali Arum dari minyak jelantah ini sangat bermanfaat sekali, minyak jelantah bekas UMKM penjual gorengan atau pengusaha lain bisa dikumpulkan dalam jumlah besar. Produk ini bisa diproduksi dengan skala besar sehingga dapat memperoleh pendapatan tambahan” tegasnya.

 



Komentar


blog comments powered by Disqus
    • Statistik Pengunjung
    • Browser :
    • Operating System : Unknown Platform
    • Server process time: 0.1163 secs.