Logo

Berita

Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Berwawasan global dan berkarakter Islami

Jombang – Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (Unwaha) melalui salah satu program unggulannya kembali memberangkatkan beberapa mahasiswa untuk study ke luar negeri. Program unggulan yang dimaksud adalah Kuliah Sit in. Istilah “sit in” merupakan suatu program kuliah dimana mahasiswa mengikuti kuliah singkat di salah satu perguruan tinggi partner baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Tahun ajaran 2018/2019 saat ini, beberapa mahasiswa terpilih untuk kuliah Sit in di Rajamangala University of Technology Krungthep Thailand. Hal ini bukan yang pertama bagi Unwaha dalam menyelenggarakan program kuliah Sit in ke perguruan tinggi luar negeri. Universitas berbasis islam yang dipimpin oleh Dr. Anton Muhibuddin, M.P. ini juga menyelenggarakan kuliah Sit in ke Korea University pada periode sebelumnya. Program unggulan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan mahasiswa terhadap dunia pendidikan dan perkuliahan di luar negeri sekaligus membangun network serta melatih kemampuan teamwork dengan mahasiswa yang tentu saja memiliki perbedaan secara adat dan budaya. Program ini pada umumnya meliputi kegiatan perkuliahan melalui kegiatan belajar mengajar bersama dosen sebagaimana biasa dan kegiatan group project bersama dengan mahasiswa perguruan tinggi partner.

Program unggulan kuliah Sit in diikuti oleh mahasiswa dari beberapa Program studi yang berbeda. Mahasiswa yang terpilih dalam program kuliah Sit in dalam kesempatan kali ini yaitu Ahmad Na’im (S-1 Agroekoteknologi), Mira Sugiarti (S-1 Sistem Informatika), Febrian Dwi Putra (S-1 Teknik Informatika), Uun Rosyidah (S-1 Pend. Agama Islam), M. Arif Taufiq (S-1 Pend. Bahasa Arab), dan M. Anis Abdillah (S-1 Ekonomi Syariah). Acara pelepasan keenam mahasiswa tersebut berjalan lancar dengan diakhiri doa agar diberikan kelancaran dan ilmu yang bermanfaat di sana. Wakil Rektor bidang kerjasama dan pengembangan bersama beberapa staf mengantarkan mahasiswa tersebut hingga perpisahan di bandara Juanda. “Melalui program ini, kami berharap mereka mampu berkoordinasi dengan baik antar mahasiswa serta membuka wawasan yang lebih luas berdasarkan materi kuliah yang diperoleh di sana”, ujar Ali Priyono, M.Pd.I. selaku Wakil Rektor bidang keuangan yang juga turut serta mengantar mahasiswa siang ini (13/02).

"Alhamdulillah program ini berkesan bagi saya karena berkesempatan menimbah ilmu ke luar negeri. Selain sebagai pengalaman baru, program ini juga melatih kemampuan bahasa inggris yang telah saya pelajari”, kata salah satu mahasiswa Prodi Agroekoteknologi. Mahasiswa menjalani kuliah Sit in selama 24 hari yaitu mulai tanggal 13 Februari sampai 9 Maret 2019. Kholis Firmansyah, S.HI., M.SI. selaku koordinator program kuliah Sit in serta segenap jajaran dosen berpesan kepada mahasiswa yang berkesempatan kuliah Sit in ke luar negeri untuk memanfaatkan program ini dengan baik, menjaga kesehatan di iklim yang berbeda serta yang terpenting adalah tetap menjaga moral sebagaimana jati diri mahasiswa Unwaha yang berwawasan global berkarakter islami.



Komentar


blog comments powered by Disqus
    • Statistik Pengunjung
    • Browser :
    • Operating System : Unknown Platform
    • Server process time: 0.0939 secs.