Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Gelar Seminar Nasional, HMP PBA Unwaha dan UNIDA Gontor Bahas Strategi Peningkatan Kemampuan Berbahasa Arab

Jombang – Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (Unwaha) bersama HMP PBA Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor menggelar Seminar Nasional Strategi Peningkatan Kemapuan Berbahasa Arab bagi Mahasiswa, di Aula Unwaha, Rabu (21/8/2024).

Seminar ini menghadirkan dua pemateri, yaitu Kaprodi PBA UNIDA Gontor, Muhammad Wahyudi, M. Pd.I., dan Dosen PBA Unwaha, Dr. M. Dzikrul Hakim, M. Pd.I.

Kaprodi PBA Unwaha, Rina Dian Rahmawati, M.Pd.I, dalam sambutannya menyampaikan, selamat datang kepada seluruh peserta seminar nasional. Beliau juga mengulas sedikit tentang materi yang akan disampaikan pada seminar kali ini.

“Strategi peningkatan kemampuan berbahasa merupakan serangkaian metode yang yang digunakan untuk membantu kita dalam meningkatkan keterampilan berbahasa arab khususnya bagi mahasiswa PBA. Dengan demikian, seminar ini sangat penting bagi kita,” pesan beliau.

Sementara itu, Ketua HMP PBA Unwaha, Erna Dwi Widiya N., mengatakan bahwa mahasiswa PBA harus memiliki kecakapan dalam berbahasa arab. Kecakapan tersebut menjadi penting karena beberapa alasan, terutama terkait dengan konteks agama, akademik, dan sosial budaya.

“Dengan kemampuan berbahasa Arab memungkinkan kita sebagai umat Muslim untuk dapat membaca, memahami, dan menginterpretasikan ajaran Islam langsung dari sumbernya. Begitu juga di bidang akademik, Bahasa Arab juga merupakan suatu disiplin keilmuan yang setip harinya kita pelajari bersama,” kata Erna dalam sambutannya.

Ia juga berterimakasih kepada pengurus HMP PBA UNIDA Gontor yang juga turut mensukseskan seminar nasional tersebut.

“Terimakasih kepada HMP PBA UNIDA Gontor, dan mohon maaf apabila terdapat kekurangan dalam proses pelaksanaan seminar ini. Semoga tujuan dari seminar ini dapat tercapai dan berguna bagi masing-masing himpunan,” pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat dan cinderamata kepada kedua pemateri seminar oleh Ketua Prodi PBA, Rina Dian Rahmawati, M.Pd.I., dan Ketua HMP PBA Unwaha, Erna Dwi Widiya N.

Dokumentasi Kegiatan:

Red: Ibrahim
Editor: Septian Ragil

5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x