Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Unwaha Lepas 250 Mahasiswa KKN-PPM DESTANA 2024 di Kecamatan Kudu, Jombang

Jombang – Sebanyak 250 mahasiswa Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (Unwaha) Jombang siap mengikuti Kuliah Kerja Nyata – Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Desa Tanggap Bencana (KKN-PPM DESTANA) tahun 2024. Pelepasan mahasiswa berlangsung di Pendopo Kantor Kecamatan Kudu, Selasa (30/7/2024).

Direktur LPPM Unwaha Jombang, Dr. Zulfikar, S.P., M.Si., menyampaikan, tema yang diusung pada KKN tahun ini yaitu “Pemberdayaan Produktivitas Masyarakat Mandiri Tanggap Bencana”. Hal ini diharapkan agar para mahasiswa dapat mengambil peran dalam memberikan edukasi mitigasi bencana.

“Tema ini sebagai bentuk tindak lanjut program yang dicanangkan bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang yang menyarankan agar bisa masuk di dalam program KKN,” seru Bapak Zul dalam sambutannya.

Beliau juga menegaskan, selain tema besar tersebut terdapat lima bidang yang menjadi fokus pelaksanaan KKN-PPM DESTANA 2024. Lima bidang tersebut yaitu, keagamaan, pendidikan, ekonomi, teknik informasi dan pertanian.

“Dengan harapan, pada pelaksanaan KKN nanti dapat memberikan dampak positif melalui bidang tersebut. Potensi di Kecamatan Kudu ini banyak sekali, melalui survey yang telah dilakukan sebelumnya tentu adik-adik mahasiswa dan dosen pendamping sudah tahu apa yang akan dilakukan,” ungkap beliau.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Kerumahtanggaan, Prof. Dr. H. Abdul Kholid, M.Ag., berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah menerima kehadiran mahasiswa KKN Unwaha Jombang di Kecamatan Kudu.

“Mewakili Rektor Unwaha Jombang, kami ucapkan terimakasih sebesar-sebesarnya. Dan mohon maaf jika dalam perjalanan nanti ada sesuatu yang kurang bekrkenan, tolong anak-anak kami diingatkan dan dibina,” kata beliau.

Beliau juga berpesan kepada para mahasiswa, agar nantinya dapat membaur di lingkungan masyarakat. Sebagaimana mestinya seorang mahasiswa, yaitu sebagai agent of change.

“Mahasiswa harus punya kearifan, jangan merasa pintar dan menggurui. Seorang mahasiswa harus punya pemikiran yang bisa dipertimbangkan, karena program yang telah dicanangkan tidak selalu match dengan apa yang ada di lapangan,” pesan beliau.

Di kesempatan yang sama, Mewakili Camat Kudu, Sekretaris Kecamatan, Darmawan mengatakan beberapa pesan penting kepada seluruh peserta KKN-PPM DESTANA tahun 2024.

“Tentunya kami tidak menuntut apa-apa kepada adik-adik mahasiswa. Karena konteksnya KKN itu adalah untuk belajar di lingkungan masyarakat. Harus pintar-pintar menyesuaikan diri dengan masyarakat,” ujarnya.

Hadir pada pelepasan KKN-PPM DESTANA di Kecamatan Kudu, di antaranya, Kapolsek Kudu, Akp. Agus Wijaya, Danramil Kudu, Kapt. Inf. Nasrullah, Kepala Desa se-Kecamatan Kudu, dan Dosen Pendamping Lapangan.

Dokumentasi Kegiatan.

 

Red: Ibrahim
Editor: Septian Ragil

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x