Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

BI Jawa Timur Libatkan Unwaha Jombang Dirikan Halal Center

Surabaya – Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (Unwaha) Jombang turut berperan aktif dalam penyelenggaraan program Jaminan Produk Halal (JPH). Hal ini terlihat ketika Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jawa Timur libatkan Unwaha Jombang dalam pembentukan Halal Center, di Kantor BI Jawa Timur Surabaya, Senin (19/4/2024) lalu.

Tidak hanya Unwaha Jombang saja, BI Jawa Timur juga melibatkan perguruan tinggi lainnya, seperti Universitas KH. Abdul Chalim (UAC) Mojokerto. Ini dilakukan sebagai upaya percepatan terciptanya ekosistem halal di Jawa Timur.

“Program sertifikasi halal pemerintah yang ditargetkan 30 ribu sertifikat baru tercapai 1/3 (sepertiga), sehingga dibutuhkan kolaborasi untuk mendirikan pusat kajian halal,” kata Ketua Halal Center Unwaha Jombang, Dr. Amin Awal Amarsudin, S.Sy., M.S.I.

Melalui Halal Center, Unwaha Jombang dapat menyelenggarakan edukasi mengenai JPH kepada masyarakat dan pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UKM). Edukasi tersebut meliputi, sosialisasi, pelatihan, penelitian dan pengembangan produk halal.

“Terlebih lagi, nanti 17 Oktober merupakan batas akhir bagi semua produk (makanan dan minuman) UKM di Indonesia sudah tersertifikasi halal. Apabila melibihi batas akhir tersebut, para pelaku usaha akan diperkenakan sanksi dengan dilarang memperjual belikan produknya secara bebas,” imbuhnya.

Rektor, Wakil Rektor, dan Ketua Halal Center Unwaha Jombang, saat mengikuti Rapat Koordinasi di kantor BI Jawa Timur. (Foto: Istimewa)

Selanjutnya, perwakilan dosen dari Unwaha Jombang akan mengikuti Training of Trainer (ToT) di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya pada tanggal 27-31 Mei mendatang.

“Selain para dosen, mahasiswa juga akan  diproyeksikan untuk menjadi trainer. Mereka akan disiapkan untuk menjadi penyelia atau pendamping produk halal dalam rangka mensukeskan program pemerintah,” pungkasnya.

Red : Ibrahim
Editor : Septian Ragil

**) Ikuti konten kreatif terbaru Unwaha Jombang di Instagram klik link ini dan jangan lupa follow.

1 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x