Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Ekonomi Syariah Unwaha mengadakan Colloquium untuk meningkatkan kualitas penelitian

14 maret sampai 19 maret  2023, prodi ekonomi  syariah melaksanakan “eksyar colloquium”  yang digelar secara online. Colloquium ini merupakan suatu pertemuan para ahli untuk membahas tentang urgensi penelitian di bidang manajemen keuangan dan perbankan syariah yang dilakukan di Universitas KH Abd Wahab Hasbullah, yang mana dikemas dengan review penelitian-penelitian guna meningkatkan kemampuan literasi mahasiswa. Selain itu, Colloquium juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis. Tujuan tersebut ditunjukkan dengan adanya 10  mahasiswa yang melakukan presentasi rancangan kolaborasi risetnya dengan dosen, dan diberikan arahan, kritik dan saran untuk keberlanjutan penelitiannya. 10 mahasiswa ini terdiri dari mahasiswa dari prodi ekonomi syariah sendiri dan beberapa mahasiswa dari prodi manajemen. Pelaksanaan colloquium ini dilaksanakan selama enam hari, pelaksanaan dimulai pada tanggal 14 maret sampai dengan 19 maret sehingga kegiatan ini sangat efektif untuk meningkatkan potensi mahasiswa dalam pelaksanaan risetnya.

Kegiatan ini juga merupakan kegiatan pertama dan akan berkelanjutan yang mana saran dari salah seorang dosen prodi ekonomi syariah. Ahli tersebut sesuai di bidangnya yaitu:

1. Fitri Zaelina M.E.K dosen perbankan syariah UIN sunan Kalijaga Yogyakarta.

2. Nurul Izzati Septiana MEI dosen universitas Raden Rahmad (UNIRA) Malang Sekaligus PhD student di INCEIF MALAYSIA.

3. Arivatu Ni’mati Rahmatika dosen universitas KH A Wahab Hasbullah (UNWAHA) sekaligus mahasiswa doktoral UNAIR.

Dengan Hasilnya adalah penelitian kontemporer tentang manajemen keuangan, literasi keuangan, keuangan pesantren. Selanjutnya, tindak lanjut dari kegiatan Colloquium ini adalah joint research antar kampus dan team research dosen dengan mahasiswa. Jelas ibu nurul pada colloquium tanggal 14 maret 2022 “mungkin dalam hal penulisan penelitian mahasiswa tingkat strata satu masih proses belajar dalam hal penulisannya belum benar-benar ke penelitian menginjak ke tingkat yang lebih tinggi benar-benar melakukan penelitian yang sebenarnya” penjelasan tersebut sesuai dengan pengalaman beliau yang dirasakan selama penulisan penelitian. Maka dari itu colloquium ini sangat penting diadakan guna memperbaiki tatacara penulisan pada mahasiswa tingkat strata satu yang masih proses belajar dalam penulisan penelitian. Dalam pelaksanaan colloqium kemarin ada satu quotes yang sangat menarik dari Ibu Arivatu Ni’mati Rahmatika MEI “Penelitian itu seperti perang. Kalau ga selesai adalah kalah, dan kalau kalah adalah konyol” quotes ini sangat berpengaruh untuk semangat mahasiswa dalam proses penulisan penelitian agar selesai dengan tepat. Tidak lupa juga ibu Fitri Zaelina M.E.K memberikan semangat untuk para mahasiswa yang sedang mengerjakan penelitian tugas akhir. Pada colloquium ini bukan hanya sekedar diskusi tentang tatacara penulisan saja tetapi banyak masukan saran untuk mahasiswa. Sehingga, saran yang membangun dapat memotivasi mahasiswa guna menyelesaikan tugas akhir dengan baik.

Dengan dilaksanakannya eksyar colloquium ini mahasiswa mendapatkan banyak hal baik ilmu maupun pengalaman yang telah disampaikan dengan baik oleh para ahli. Walaupun pelaksanaan dilaksanakan secara online tidak mengurangi semangat mahasiswa karena penyampain saran benar-benar dapat diterima dengan baik oleh mahasiswa. Harapannya dengan adanya pelaksanaan colloquium ini dapat memotivasi prodi lain untuk ikut serta melaksanakannya karena colloquium ini sangat penting untuk penulisan tugas akhir kedepannya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x